Bagaimana Cara Merakit Senapan Angin Sendiri ?

Senapan angin merupakan alat yang dapat digunakan untuk membidik suatu benda dari jarak jauh. Dilihat dari segi fisiknya, Senapan angin terbagi menjadi menjadi beberapa bentuk dan kecepatan yang berbeda-beda pula. Pada umumnya senjata angin dibuat dari kayu kolim dan kayu jati. Tapi tidak selalu sih tergantung kita sebagai pembuatnya mau memilih kayu yang mana, yang penting kayu tersebut kuat dan tidak mudah patah atau keropos dimakan totor(jw).

Sudah lama saya mencari tutorial ini di gudang om google untuk mencari tutorial tentang cara membuat Senapan angin yang mudah dan lengkap sehingga dalam pembuatanya tidak terpotong-potong menjadi beberapa artikel. Tapi sedari dulu sampai sekarang apa yang saya cari-cari tersebut tidak ketemu, yang ada hanya blog search abal-abal yang menjengkelkan.

Buat sobat yang tahu cara membuat senapan angin tolong di bagikan dong ilmunya, buat apa pintar kalau tidak dimanfaatkan..?
Nanti gantian, sobat yang ajarin buat senapanya dan saya yang buat perdam nya, sobat tahukan kegunaan perdam? Secara singkat sih perdam itu di gunakan untuk mengurangi suara senapan yang keluar dari moncongnya sehingga orang lain bahkan kita sendiri tidak akan merasa terganggu dengan suara kencangnya..
Apalagi kalau didekat kita ada nenek-nenek yang terkena penyakit jantungan pasti akan semakin dekat dengan ajal ketika mendengar suara senapan kita yang belum di pasangi perdam. benar apa tidak sob..?
Scren shoot
Perdam biasanya dibuat dari pipa alumunium yang ringan tetapi pada kesempatan kali ini penulis hendak memberikan informasi tentang cara membuat peredam dengan pipa air dan sandal bekas, dimana teknik ini sudah penulis coba dan hasilnya sangat memuaskan kerena kesenyapannya tidak kalah dengan peredam yang bermerk terkenal yang telah beredar dipasaran dengan harga yang cukup mahal.

Baiklah, langsung saja penulis paparkan cara membuat dan bahan yang di butuhkan

Siapkan bahan-bahanya terlebih dahulu..
Pipa air berukuran 3/4" x 20cm
Pipa listrik (yang biasa di gunakan untuk melapisi kabel listrik dalam rumah Anda)
Telapak sendal jepit bekas (yg terbuat dari busa keras)
Tutup depan dan belakang dari peredam yg sudah tidak terpakai yang ukurannya sesuai dengan pipa air 3/4.
Lem alteco(seper glue merk lain juga boleh yang penting cepat menempel dan kuat)

Langkah selanjutnya:
Pipa listrik di beri lubang di sekeliling dinding pipa
Sendal jepit bekas di buat bulatan kecil yang berukuran sesuai dengan  besar diameter pipa listrik.
Sendal jepit bekas tadi yang telah di bentuk bulatan kecil di beri lubang di bagian tengannya berukuran diameter lubang 6 mm, kemudian di masukkan kedalam pipa listrik yang berfungsi sebagai skat dan taklupa juga harus rata dan di lem dari lubang yang dibuat di Sekeliling dinding pipa listrik agar tidak mudah lepas dan bergeser beri skat sebanyak 4 skat.

Setelah semua sekat dimasukkan dan sudah merekat dengan baik, pipa listrik di balut dengan kapas kosmetik atau untuk lebih bagusnya pakai glasswoll, tetapi di sini penulis hanya memakai kapas kosmetik, di balut 3/4 dari panjang pipa listrik, di bagian pangkal yang dekat dengan laras tidak perlu di balut dengan kapas, selanjutnya dari sandal bekas tadi buat 2 bulatan seperti skat peredam namun ukurannya sebesar diameter pipa 3/4 yang dimana tengannya di buat lubang yang berdiameter besar seperti dia meter pada pipa listrik. Benda ini nantinya di pasang di bagian ujung dan pangkal pipa listrik agar peletakan di dalam pipa peredan tetap senter, kemudan penutup pipa peredam yang memiliki drat di hubungkan dengan pipa dan di stel terlebih dahulu sebelum di lem.

Cara menyetelnya, sebelum di lem pasang dulu di ujung atas dan kita stel sampai lurus, kemudian lepaskan perlahan lalu tuangkan lem alteco dari arah depan pipa namun jangan sampai mengenai drat yang akan berhubungan dengan laras. Beri lem sampai rata, tunggu hingga kering.
Langkah selanjutnya masukkan pipa listrik yang sudah di susun dengan baik kedalam pipa 3/4. Kemudian tutup dengan tutup peredam tadi dan beri lem agar tidak terlepas saat melakukan tembakan.
Tunggu hingga kering dan peredam dapat di coba..

Ya itulah sob cara membuat perdam yang praktis menggunakan bahan yang mudah di cari dan harganyapun murah sehingga teman-teman tidak perlu merogoh saku yang dalam untuk mendapatkanya..
URL

6 Tanggapan » Lihat

Isinya agak meleset dari judulnya. Tapi sangat bermanfaat. Murah meriah, tapi yang penting mantap.

Hehe, pada judul kan diawali dengan "Bagaimana", trus di akhir juga diberi tanda tanya (?). Jadi penulis juga kemungkinan ingin bertanya :)
Tapi makasih atas komennya mas Agoes.

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini