Cara Membuat Kopi Tubruk Sendiri Alami - Resep Minuman


Kopi memang tidak bisa di pisahkan dari bapak bapak atau mas mas terutama bagi para perokok yang sudah kecanduan merokok sambil minum kopi. Tapi taukan anda kalau kopi tubruk atau kopi yang kita racik sendiri itu lebih bagus bagi kesehatan karena resiko bahan pengawet lebih kecil bahkan tidak ada.
Nah sekarang silahkan anda ikuti petunjuk di bawah ini untuk menciptakan kopi tubruk sendiri.

1. Untuk mendapatkan bubuk kopi (tubruk) yang lebih segar dalam aroma dan rasa, pilihlah kopi yang baru saja digiling

2. Untuk membuat kopi tubruk, komposisi kopi tubruk harus tepat. Takaran bubuk kopi dalam satu cangkir adalah 12 gram atau sekitar dua sendok teh.

3. Sebaiknya tidak menggunakan air panas mendidih ketika menyeduh. Cara yang benar adalah dengan menggunakan suhu air yang tidak lebih dari 80 derajat celcius.

4. Kemudia campurkan bubuk kopi yang sebelumnya telah disediakan ke dalam cangkir yang berisi 200 mililiter air panas. Diamkan sekitar dua menit tanpa diaduk. Cara ini dilakukan agar kopi dapat terekstrak dengan baik dan mempunyai kualitas rasa yang baik.

5. Tambahkan gula sesuai selera anda. namun bagi kebanyakan Barista, penambahaan gula pada kopi dianggap sebagai penodaan dalam menikmati kopi. Karena menurut mereka, kenikmatan kopi justru terletak dari rasa asli kopi itu sendiri, kalaupun ingin memberi rasa manis, Anda bisa menambahkannya dengan susu atau krim.

Coba deh anda buat kopi dengan resep yang baru saja saya suguhkan dan bandingkan rasanya dengan kopi ala anda sendiri. Enak mana ?? heheheheh
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini