Cara Menjahit Menggunakan Mesin Jahit


Cara menggunakan mesin jahit untuk pemula yang masih baru belajar menjahit menggunakan mesin.
Untuk kali ini, saya akan coba jelaskan cara praktek dasar mengoperasikan mesin jahit. Jika kita ingin menjahit busana menggunakan mesin jahit tentunya kita harus terbiasa dengan mesin jahit yang kita miliki. Bukan hanya mengoperasikan, namun mengenali bagian-bagiannya juga penting sekali, untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu terjadi masalah kita bisa mengatasinya. Pada postingan Lancar Menjahit dengan Mesin Jahit telah saya jelaskan praktek awalnya. Nah, sekarang kita coba praktek mengoperasikan mesin jahit menggunakan bahan, maksudnya menjahit diatas kain.

Sebelum mulai praktek terlebih dahulu kita siapkan alat dan bahannya.
1. Siapkan beberapa kain yang motif dan ukuran disesuaikan dengan kebutuhan. Tidak perlu menggunakan kain yang baru, jika ada bahan yang tidak dipakai bisa kita gunakan. Atau bisa juga pakaian bekas, asal bukan pakaian tetangga, he he
2. Sediakan gunting, kalau bisa 2 pasang, gunting kecil satu pasang dan gunting besar 1 pasang.
3. Siapkan jarum mesin no. 11 atau no. 12, usahakan kain yang dipakai praktek jangan terlalu tebal agar tidak terlalu sulit merangkainya. Tapi jika mesin yang kita pakai adalah mesin untuk kain tebal ya kita gunakan juga kain yang tebal. Jadi, kita sesuaikan dengan jarum mesin yang kita gunakan.
4. Benang, warna sesuai selera, jika bisa samakan dengan warna bahan/kain agar tidak terlalu tampak bekas jahitanya. Anda juga bisa menggunkan warna yang berbeda asalkan warna tersebut meching dengan kain dasar.

Selanjutnya, jika kita sudah siapkan bahan kita pasang dulu jarum mesin dan benangnya, jangan lupa mengisi benang sekoci dan pasang pada rumahnya dengan tepat, untuk cara pemasangan bisa dilihat di bawah.
Cara memasang jarum mesin :
1. Ambil jarum mesin yang akan dipasang.
2. Buka pengunci jarum mesin pada mesin jahit.
3. Masukkan jarum mesin pada tangkai jarum pada mesin jahit.
4. Masukkan pengunci jarum lewat bawah, dan pasang kemudian rapatkan baut penguncinya.
Cara memasang benang, bisa dilihat pada gambar di bawah ini :

Cara pemasangan benang pada mesin jahit mungkin agak berbeda pada tiap tipe mesin jahit, namun pada dasarnya semuanya sama, tinggal bagaimana kretifitas kita gunakan semaksimal mungkin. Biasanya untuk instruksi pemasangan benang sudah ada pada buku manual mesin jahit.
Selanjutnya, kita akan langsung praktek menjahit pada kain, dengan mengikuti lagkah-langkah di bawah ini :
 1.Siapkan kain, potong menjadi bentuk kotak atau persegi panjang, atau lebih baik lagi persegi. Usahakan memotong kain serapi mungkin.
2. Siapkan gunting untuk keperluan memotong benang, letakkan dekat dengan posisi kita menjahit.
3. Periksa kelengkapan mesin jahit sebelum digunakan, pastikan semuanya sudah terpasang dengan baik. Mulai dari benang, jarum mesin, sekoci, sambungan listrik, jika menggunakan mesin jahit portable, dan pedal jika menggunakan mesin jahit kayuh.
4. Letakkan kain yang akan dijahit di bawah tangkai mesin dan turunkan tangkai mesin untuk menjepit kain pada meja mesin.
5. Jalankan mesin perlahan-lahan, sambil memegangi kain. Lakukan jahitan lurus terlebih dahulu. Ulangi lagkah ini sampai kita bisa menjahit lurus pada kain.
6. Jika sudah terbiasa, kita bisa berlatih menjahit kurva, lingkaran, segitiga, berbelok, dan lain-lain. Latiha dapat kita lakukan sendiri sesuai dengan keinginan kita, dan harus kita lakukan sampai kita benar-benar bisa.

Nah, sedikit yang saya sampaikan ini saya harap mampu membantu anda semua mempelajari keterampilan menjahit. Sesuai dengan amanat mendiang ibu saya, ringankan tanganmu untuk membatu orang lain, dan amalkan apa yang kamu bisa walaupun itu hanya satu huruf. Semoga apa yang saya sampaikan di blog ini membawa manfaat bagi kita semua. Amin.
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini