Sembunyikan JavaScript dari Klik Kanan via innerHTML

Amankan script Anda dari para copaser. Mungkin Anda merupakan salah satu dari sekian banyak blogger yang hobi atau suka menciptakan script baru, yang kemudian Anda posting diblog. Kalau hanya teksnya saja yang dicuri sih tidak terlalu, tapi jika sampai kode-kode penting ikut di clone apa gak mrongos.

Seperti halnya saya, pada dasarnya, saya sangat suka mengutak atik kode baru kemudian saya posting. Saat ini sudah lumayan banyak tools dengan nyawa javascript yang saya publikasikan. Namun masih ada aplikasi yang belum saya update dikarenakan lemahnya keamanan javascript. Beda jauh dengan php, meskipun bahan dasarnya adalah script namun kalau sudah dipadukan dengan php siapapun tidak bakal bisa mengintip bahkan menyedot kode-kodenya.

Namun, untuk mengurangi aksi copy code, ada beberapa cara yang dapat kita gunakan meski diluar sana masih ada banyak cara juga untuk membobolnya.
Jika hanya mengaktifkan Anti klik kanan (right click) tentu sudah biasa, begitu juga dengan anti CTRL U yang sudah lama beredar cara mengatasinya.

Tetapi, pernahkan Anda mendengar ada sebuah kode rahasia yang dapat digunakan untuk menghilangkan script ketika seseorang mencoba melihatnya melalui inspect element atau inspeksi elemen. Ya, inspeksi element sering digunakan oleh pencuri melalui klik kanan. Namun, jika Anda menambahkan innerHTML kedalam akhir javascript Anda, maka mereka tak mampu melihat sedikitpun script milik Anda.

Berikut kode-kodenya:
<script id="HTML5" type="text/javascript">
Your script here..
    document.getElementById('HTML5').innerHTML = "";
</script>
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini