Cara Membuat Password Tambahan Login ke Facebook

Akhir-akhir ini sudah banyak teman yang tercuri akun facebooknya. Berbagai macam cara mengelabuhi, membujuk sang korban untuk mengikuti perintahnya dengan iming-iming yang menggiurkan agar terjebak dan bisa dihack. Sangat disayangkan jika akun yang sudah populer dan atau merupakan akun pribadi yang penting kemudian tiba-tiba muncul status yang tidak mengenakkan di akun milikknya.
Masih untung jika si pencuri tidak merubah password dan email login, namun meski begitu tentu dengan munculnya status yang menghina, melecehkan, memfitnah bahkan mencaci-maki seseorang yang kita hormati bakal mendatangkan mala petaka.
Nah untuk itu pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan tutorial tentang bagaimana cara agar akun facebook kita aman dari serangan hacker. Salah satunya adalah dengan menambahkan password tambahan agar ketika seseorang membuka akun tersebut harus memasukkan password yang berbeda dari password utama sebelum dapat mengakses akun dengan bebas.

Berikut Langkah-langkah Membuat Password Tambahan:

1. Anda siapkan sebuah No Phonsel Aktif yang belum pernah didaftarkan di akun FB yang lainya. Pastikan No tersebut adalah No HP utama yang sering Anda bawa kemana-mana, karena jika suatu saat terjadi aktivitas yang mencurigakan pada akun Anda maka SMS pemberitahuan otomatis dikirim ke No tersebut. No itu juga yang akan Anda gunakan untuk mendapatkan password tambahan dan akan selalu berubah-ubah setiap kali digunakan.

2. Masuk ke menu pengaturan SMS facebook (https://m.facebook.com/settings/sms/?refid=31)
Masukkan No HP yang Anda inginkan dan verifikasi SMS akan dikirimkan ke no tersebut sebagai bukti bahwa itu benar-benar milik Anda. Langkah ini hanya perlu Anda lakukan sekali saja.

3. Setelah No berhasil di Verifikasi silahkan masuk ke menu Keamanan (https://m.facebook.com/security/?refid=31)
Pada bagian ini Anda akan menemukan 3 Opsi diantaranya: SMS PEMBERITAHUAN MASUK, EMAIL PEMBERITAHUAN MASUK dan PERSETUJUAN MASUK MENYALA. Silahkan klik Aktifkan pada bagian Persetujuan Masuk Menyala. Anda perlu memasukkan password kembali demi keamanan setelah itu klik Lanjutkan >> Mulai Penyiapan

4. Pada tahap ini Anda akan mendapat pemberitahuan bahwa pihak Facebook akan mengirimkan kode ke No tersebut untuk memulai pembuatan password tambahan. Klik Lanjutkan dan periksa pesan masuk di HP Anda. Jika saat ini Anda membuka akun menggunakan HP dan kartu no yang hendak Anda daftarkan, tentunya Anda harus menutup browser terlebih dahulu kemudian buka inbox dan salin/catat kode yang telah dikirim lalu masuk lagi ke halaman yang tadi. Jadi sebaiknya sebelum menutup browser silahkan simpan terlebih dahulu halaman untuk memasukkan kode tersebut. Anda juga bisa masuk kembali menggunakan URL ini (https://m.facebook.com/settings/security/approvals?approvals_step=enter_code&_rdr)

5. Setelah Anda masukkan kode berupa angka 6 digit tersebut, silahkan klik Lanjutkan

6. Sebagai langkah terakhir, centang bagian "Tidak, terima kasih. Langsung minta kode keamanan." dan klik Tutup.

Pada tahap ini Anda memang sudah selesai mendaftarkan No Anda untuk menerima kode ketika ingin Login/ masuk ke Akun. Namun jika suatu saat Anda sedang berada diluar dan lupa membawa hp tentu akan kerepotan membuka Akun, misalnya diwarnet dsb.
Nah untuk mencegah hal itu terjadi, facebook telah menyediakan kode cadangan yang dapat Anda gunakan untuk membuka akun meski kode yang dikirim ke HP tidak Anda gunakan. Anda dapat meminta kode cadangan hingga 10 dalam sekali permintaan.
Jika Anda menginginkanya, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah:

1. Dibawah Persetujuan Masuk Menyala terdapat Link Kode Persetujuan Masuk Silahkan klik Link itu dan Anda perlu memasukkan kembali password Anda.
2. Kode Persetujuan masuk cadangan berhasil dibuat. Anda memiliki 10 kode cadangan yang dapat Anda gunakan disaat darurat. Kode ini sedikit berbeda dengan kode Asli yang dikirim melalui No Hp. Jika kode di SMS berjumlah 6 digit, maka untuk kode cadangan berjumlah 8 digit.

Saya rasa apa yang saya jelaskan diatas cukup jelas meskipun sedikit ribet. Jika masih ada pertanyaan silahkan tanyakan dikolom komentar atau menghubungi saya lewat Facebook.
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini