Gara-gara Sashimi, Pria Ini Digerogoti Cacing Pita

Seorang pria di Guangzhou, Cina, hampir kehilangan nyawanya akibat makan sashimi. Sashimi adalah irisan ikan mentah yang disajikan dalam kondisi segar dengan cuka khas Jepang. Tidak semua jenis ikan bisa dikonsumsi tanpa dimasak, salah satu yang dapat disajikan secara mentah adalah ikan salmon. Namun, sebelum terlanjur sebaiknya jangan pernah mencicipi makanan jenis ini karna dikhawatirkan nasib Anda sama dengan pria malang asal Guangzhou ini.

Pria Cina yang enggan disebutkan namanya itu kini dirawat intensif di Rumah Sakit Umum Guangzhou, Provinsi Guangdong, Cina bagian Timur. Tubuh pria tersebut menjadi sarang ribuan parasit cacing pita.

Dikutip dari Daily Mail, ribuan cacing pita hidup di hampir seluruh tubuh pria ini, termasuk bagian dada, punggung, hingga pinggang dan pahanya dikerubungi cacing pita sepanjang 3-4 sentimeter.

Menurut keterangan dokter di rumah sakit, awalnya pasien tidak menyadari bahwa saat itu hampir diseluruh bagian tubuhnya telah dipenuhi cacing pita hingga ribuan jumlahnya. Pasien datang dengan keluhan sakit perut dan gatal di sekujur kulitnya. Setelah dilihat melalui sinar-X, Dokter menemukan ada perkembang biakan parasit cacing pita pada bagian perut dan punggung. Dokter meyakini bahwa cacing-cacing tersebut ikut terbawa masuk ke dalam tubuh melalui sashimi yang dimakan korban. Dokter menduga irisan daging ikan mentah dalam sashimi sudah tercemar telur cacing pita.

Sejumlah penelitian menyimpulkan bahwa mengkonsumsi makanan mentah atau yang dimasak setengah matang bisa memicu munculnya infeksi parasit. Infeksi cacing pita terjadi setelah pasien menelan larva diphyllobothrium yang bersarang pada ikan tawar, seperti salmon. Larva itu tetap hidup meski ikan sudah diasinkan dan diasapi.
Sashimi
Penemuan resep makanan instan pada negara maju terkadang kurang memperhatikan kesehatan konsumen. Seperti halnya makanan khas jepang "sashimi" ini, meski rasanya yang enak plus tidak menyita banyak waktu untuk mengolah namun berpotensi lebih besar terinfeksi oleh larva diphyllobothrium.

Dikutip dari Dr Yin, salah satu dokter di Rumah Sakit Umum Guangzhou dalam situs Thatsmags.com mengatakan bahwa makanan yang terkontaminasi telur cacing pita bisa menyebabkan cysticercosis atau kondisi ketika cacing dewasa masuk ke aliran darah seseorang. Infeksi seperti ini tak bisa dianggap remeh dan bisa mengancam nyawa. Terlebih jika cacing pita mencapai otak manusia.
URL

2 Tanggapan » Lihat

menakutkan sekali gan, kalau saya mending makan nasi pecel tambah telor dadar.. :)

iya gan, makanan model jaman sekarang emang aneh-aneh.. tak memikirkan efek buruknya bagi konsumen.. hmmm

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini