Cara Ampuh Agar Barang Dagangan Laris Terjual Tanpa Pelet

Mencari pelanggan memang lebih mudah daripada mempertahankannya. Banyak produsen berbondong-bondong mempromosikan produk terbaiknya lewat iklan televisi maupun surat kabar namun belum berhasil membuatnya memborong banyak produk. Menarik konsumen tak berarti membuat produk Anda laku dipasaran.

Memang, keahlian seseorang dalam urusan dagang punya bakat tersendiri. Terkadang hanya iseng-iseng justru mendapatkan penghasilan lebih besar daripada yang serius buka warung 24 jam non-stop.

Namun, jika itu yang Anda terapkan percayalah, usaha Anda hanya akan sukses saat itu saja. Karena semakin tua umur dunia maka semakin tinggi dan kuat tingkat persaingan. Seperti bahasa kungfu china "yang tercepat adalah pemenangnya".

Apakah Anda adalah seorang pedagang pemula?
Ataukah Anda memiliki kendala dalam urusan penglaris barang-barang Anda?
Silahkan simak tips trik Kangsigit berikut, semoga Anda sukses dalam menjalankan bisnis dagang dan insyaallah berkah.

1. Lakukan Riset Seputar Kebutuhan Konsumen
Untuk pemula, lakukan pengamatan secara intensif sebelum Anda mulai menjual. Lakukan penelitian disekitar Anda, barang-barang apa saja yang kiranya banyak dibutuhkan oleh mereka. Jika Anda menjual didaerah yang dingin, maka es batu maupun kulkas tak akan laku disana.

2. Ketahui target konsumen
Lakukan tanya jawab dengan calon pembeli, apakah mereka bekerja dibidang tertentu. Jika ia lebih baiknya tanya seputar barang-barang apa saja yang dominan dibutuhkan oleh mereka. Jika mereka sebagian besar adalah petani, maka produk yang cocok dijual adalah alat dan bahan-bahan pertanian seperti cangkul, pupuk, obat semprot hama dll.

3. Dengarkan konsumen
Pedagang yang ingin berhasil, harus tabah hatinya jika sewaktu-waktu mendengar celoteh atau kritikan jika barang yang Anda jual memiliki kualitas yang lebih rendah dibanding pedagang lainya. Biasakanlah untuk mengurangi pembicaraan dan memfokuskan pendengaran. Banyak penjual banyak bicara menjelaskan banyak hal yang bisa jadi tak sesuai dengan kebutuhan konsumen. Biarkan dia bicara soal kebutuhannya. Ingat, jadilah pendengar yang baik bagi konsumen.

4. Bertindaklah sebagai konsultan
Buat konsumen merasa nyaman dan yakin dengan produk Anda. Buatlah seolah ia mendapatkan saran dari ahli untuk meningkatkan bisnisnya.

5. Hadirkan produk Anda sebagai solusi bagi pembeli
Tekankan pemasaran lebih kepada kebutuhan pembeli daripada bicara banyak soal kualitas. Jadikan produk Anda sebagai solusi untuk masalah-masalah konsumen.
UPDATE
21 Juni 2015
Jika kelima cara diatas belum membuahkan hasil, saya sarankan untuk mulai mencari pelanggan dari dunia maya/ internet.

Misalnya coba promosi diberbagai jejaring sosial dan atau di situs-situs yang menyediakan pelayanan pasang iklan gratis, misalnya di OLX, Tokopedia maupun di Tokobro.com

Semoga update ini bisa menambah pemahaman Anda seputar berdagang. Terimakasih
URL

2 Tanggapan » Lihat

jika berdagang du dunia online, apakah cara ini bisa diterapkan juga ya

bisa saja gan, silahkan dicoba..

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini