Kiat Sukses Rahasia Dagang Ala Cina

Pernahkah Anda berfikir dan membandingkan kelarisan toko-toko yang ada disekitar tempat tinggal Anda? Mengapa tidak semua toko sama rata jumlah pembeli tiap harinya? Adakah rahasia kusus atau amalan-amalan yang diucapkan?

Seseorang yang sedang atau telah memulai usaha dagang pasti ingin semua barangnya habis terjual. Ada kiat tertentu yang dilakukan dan pastinya berbeda meski memiliki sedikit kesamaan dalam teori berdagang.

Pernahkah Anda membeli sesuatu ditoko cina? Ya saya yakin pasti Anda pernah bahkan mungkin sering. Tak heran jika banyak yang mempertanyakan mengapa penjual yang berasal dari cina lebih pandai menarik dan mempertahankan konsumen.

Anda pasti juga penasaran kenapa toko orang cina turun temurun selalu rame oleh pembeli meskipun banyak saingan disekitar mereka. Dan mereka selalu memilih cara berdagang daripada menjadi pegawai perusahaan. Berikut tips dan trik yang sering digunakan pedagang cina dalam upaya meningkatkan penjualan :

Mendapatkan Modal
Modal merupakan syarat wajib pertama yang harus ada dalam keperluan jual beli. Setiap orang yang ingin usaha sendiri tentu membutuhkan modal yang lebih ketimbang mereka yang hanya bekerja menjadi karyawan. Lalu modal didapatkan darimana? Banyak pilihan mulai dari pinjam bank ataupun menjual barang yang masih kita punya untuk memperpanjang usia bisnis kita.

Pandai Mencari Peluang
Dimanapun dan kapanpun orang cina jeli melihat peluang yang telah menanti didepan mata, contohnya menjelang hari raya maka banyak calon pembeli yang mengincar kue lebaran, perhiasan, busana, terutama yang berhubungan dengan perlengkapan muslim seperti jilbab dll. Ketika hari Imlek tiba, barang dagangannya diganti dengan baju-baju umum seperti gaun, kaos, hem yang berwarna merah atau menjual accesoris imlek seperti lilin, lampion, dan amplop angpaow. Jadi mereka mencari apa yang sekarang sedang musim dan tren, maka mereka akan membuat itu sebagai usaha.

Memilih Lokasi Toko
Lokasi toko yang strategis sangat berpengaruh dalam meningkatkan penjualan. Misalnya, Anda mendirikan sebuah toko di perumahan yang masih sepi karena belum banyak penduduknya. Dengan kondisi yang seperti itu maka tingkat pembelian jauh lebih sedikit ketimbang toko yang berada ditengah-tengah kota. Ditambah lagi penghasilan rata-rata yang pas-pasan buat makan sehari-hari membuat toko Anda semakkin sepi saja.

Sebagian besar orang ketika hendak membeli barang dalam jumlah yang besar dan beragam, artinya bukan hanya satu jenis saja, biasanya mereka akan langsung membeli ke pasar besar (kota). Karena disana mereka dapat menjumpai beberapa toko yang sedang dicari berjejer sekaligus. Namun, tingkat persaingan dagang dikota jauh lebih besar, jadi Anda harus bisa meyakinkan calon pembeli dan menawarkan produk yang memiliki nilai lebih.

Mengatur Tata Letak Toko
Toko yang rapi dan teratur peletakan barangnya memudahkan pembeli dalam mencari sesuatu yang ia butuhkan. Meskipun toko Anda kecil, tetapi barang harus ditata rapi, sehingga pembeli merasa nyaman dan tidak bosan belanja lagi dikemudian hari. Aroma wangi juga memiliki nilai lebih guna menyenagkan pembeli agar tidak buru-buru pergi sebelum menemukan apa yang mereka cari. Terkadang calon pembeli ada yang alergi/ mudah muntah ketika mencium bau tak sedap, nah untuk itu yang satu ini juga perlu Anda pertimbangkan.

Mengelola Barang Dagangan
Rahasia sukses toko adalah mampu mengolah barang dagangan menjadi uang. Semakin cepat perputarannya maka semakin banyak pula keuntungan yang didapat. Sebaiknya modal kita jadikan barang dagangan semua, apabila masih berupa uang pun sebaiknya ditabungkan, kan lebih bagus uang kita berbunga daripada dibawah kasur tidak bertambah?

Penetapan Harga
Harga masih menjadi pertimbangan penting setelah kualitas. Kualitas yang bagus memiliki nilai jual lebih mahal daripada yang kualitas standar. Namun, kadang kita bingung juga mau menetapkan harga berapa, takutnya kalau terlalu mahal nantinya ditinggalkan konsumen, dan jika terlalu murah malah rugi juga karena tidak mempunyai untung. Jadi sebagai alternatif, bisa dengan melakukan survei dari para pesaing Anda dan menetapkan harga sedikit dibawahnya.

Prinsip dagang orang cina adalah mendapatkan untung sedikit namun laris sepanjang waktu. Untuk menarik calon pembeli, sebaiknya ada salah satu barang yang anda jual dengan sangat murah. Meskipun kita rugi dengan satu jenis barang, tapi kita mendapat keuntungan dengan adanya pembelian barang yang lain.

Mengatur Keuangan Toko
Keuntungan dari hasil penjualan itu tidak tetap, kadang banyak kadang ya sedikit, tergantung banyak tidaknya barang kita laku terjual. Sebagai pemilik toko, Anda harus bisa mengatur keuangan, meskipun toko kecil sekalipun. Biasakan hidup sederhana tapi sehat agar uang persediaan stok barang selalu tercukupi.

Mempromosikan Toko
Toko yang masih baru memang sedikit macet ketimbang toko yang telah lama malang melintang ditengah kota. Dalam rangka meningkatkan jumlah penjualan, maka perlu adanya promosi keberbagai media online maupun offline seperti stasiun tv maupun radio. Tergantung apa yang Anda perkenalkan kepada pembeli.

Cara mempromosikan ada banyak sekali, tergantung barang apa yang Anda jual dan dimana lokasi tempat Anda menjualnya. Jika Anda menjual bakso hanya dikawasan A, maka kurang efektif jika Anda promosikan di jaringan umum seperti televisi. Sebaiknya promosikan melalui alat kusus yang hanya disiarkan pada wilayah tertentu saja.

Seperti itulah gambaran bagaimana pedagang-pedagang bisa sukses bisa bertahan meski tingginya tingkat persaingan disekitarnya. Semoga tips ini bisa dijadikan sebagai referensi serta menambah wawasan Anda dalam urusan bisnis dagang.
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini