6 Penyakit Berbahaya ini Dapat Menular dari Ciuman Bibir & Lidah

Ilustrasi Berciuman

Ciuman bibir adalah salah satu aktifitas yang biasa dilakukan oleh pasangan lawan jenis, terutama bagi mereka yang sudah menikah dan halal menyentuh.

Namun seiring perkembangan jaman aktifitas menggairahkan tersebut rupanya disalah gunakan oleh kebanyakan anak muda, kecuali saya. Mereka mulai terbiasa melakukannya berkali-kali dengan pacar, simpanan, atau mungkin pekerja malam.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa berciuman memiliki banyak manfaat baik itu bagi kesehatan maupun bagi keharmonisan hubungan. Sayangnya berciuman bibir kadang juga menjadi sumber penularan penyakit terutama jika dilakukan saat kondisi tubuh sedang lemah atau tidak fit.

Anda tentu tahu, bahwa di dalam mulut kita terutama di sela-sela gigi, gusi dan lidah adalah tempat yang strategis untuk berkembang biak bagi bermacam-macam bakteri. Mulut yang bau saat sedang berciuman adalah pertanda ada bakteri yang berkembang di dalam mulut, kecuali bau jengkol, pete, trasi dan lain-lain. Karena jika itu yang tercium biasanya hanya berasal dari sisa-sisa atau bekas makanan yang barusaja mereka makan.

Selain melalui mulut, penyakit juga bisa menular melalui bakteri yang ada di hidung. Saat berciuman, hidung akan berdekatan satu sama lain sehingga partikel-partikel kuman dan bakteri yang berukuran sangat kecil dengan mudah berpindah atau terhirup oleh pasangan.

Saat kita berciuman hot melalui bibir dan lidah, maka bakteri secara otomatis akan berpindah dengan bantuan air ludah (saliva). Masalah besarnya adalah terdapat beberapa jenis penyakit yang dapat ditularkan melalui kontak fisik ciuman seperti TBC, Hepatitis dan bahkan HIV.

Lantas penyakit apa saja yang bisa timbul akibat berciuman?

Berikut beberapa jenis penyakit yang bisa ditularkan melalui ciuman dari yang ringan sampai yang berat:

1. Flu
Flu mudah menyerang terutama kepada orang yang lemah daya tahan tubuhnya. Flu ditularkan melalui kontak fisik langsung dengan penderita, penularannya melalui pertukaran cairan seperti liur dari mulut atau lendir dari hidung.

Jika anda berciuman dengan penderita flu atau pilek maka virus akan berpindah tempat ke tubuh anda. Jika saat itu daya tahan tubuh anda sedang lemah maka bisa dipastikan anda akan segera menderita flu juga.

2. Glandular Fever
Penyakit ini paling sering dipicu saat melakukan french kiss. Jenis ciuman ini sangat disukai banyak pasangan dimana bibir dan lidah saling bertemu dalam waktu yang cukup lama.

Glandular Fever sering juga disebut Mononucleosis yang menular melalui cairan tubuh seperti liur, lendir dan air mata. Ciuman dalam dan lama menyebabkan terjadinya pertukaran liur sehingga memungkinkan virus Mononucleosis berkembang pesat.

Pada umumnya penderita Glandular Fever adalah remaja atau siswa yang memiliki sistem imun yang masih rendah. Gejalanya adalah sakit pada tenggorokan, kepala sakit, demam, merasa cepat lelah, amandel bengkak dan nafsu makan rendah.

3. Herpes
Herpes adalah penyakit radang kulit yang menyebabkan munculnya gelembung-gelembung berisi air pada kulit penderita. Herpes umumnya muncul di mulut dan pinggang bagian atas. Herpes disebabkan oleh virus. Herpes yang menyerang mulut disebut Herpes Simplex dan munculnya seperti sariawan di bibir.

4. Hepatitis B
Hepatitis B bisa ditularkan melalui ciuman terutama jika terdapat luka di dalam mulut yang memungkinkan virus masuk ke dalam darah. Lebih baik hindari kontak langsung atau berciuman basah dan dalam dengan penderita hepatitis B.

5. Kutil
Kutil muncul karena adanya penebalan lapisan luar kulit secara berlebihan. Kutil disebabkan oleh virus HPV yang memang menyerang kulit. Kutil dapat menular melalui kontak langsung dengan penderita seperti lewat ciuman.

6. Meningakokus
Penyakit ini disebabkan oleh bakteri dan dapat mengancam jiwa penderita. Meningakokus meliputi radang selaput pada otak dan sumsum tulang belakang. Bakteri penyebab penyakit ini dapat berpindah melalui kontak langsung atau melalui tetesan air liur penderita.

Berciuman bibir memang sangat disenangi oleh banyak pasangan muda, sayangnya model berciuman hot ini juga memiliki resiko terutama jika anda termasuk orang yang senang gonta ganti pasangan.

Ciuman bibir yang melibatkan lidah dan mulut, kemudian dilakukan cukup lama sangat berpotensi menyebabkan terjadinya pertukaran cairan liur ataupun lendir yang mengandung virus/bakteri. Inilah yang menjadi penyebab timbulnya penyakit.

Jadi, masih inginkah Anda berciuman dengan kekasih Anda?
Sebaiknya pikir dua kali deh, apalagi jika kalian suka gonta ganti pasangan, maka peluang tertular penyakit akan jauh lebih besar.

Referensi :
  1. http://www.s[e]ksualitas.net/penyakit-menular-ciuman-bibir.htm
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini