Cara Membuat Form Processing dengan PHP

Form Processing with PHP - Salah satu fitur terbaik dari PHP adalah kemungkinan untuk menanggapi permintaan pengguna atau data yang disampaikan dari bentuk HTML. Anda dapat memproses informasi yang dikumpulkan oleh bentuk HTML dan menggunakan kode PHP untuk membuat keputusan didasarkan dari informasi ini untuk membuat halaman web dinamis. Dalam tutorial ini kita akan menunjukkan cara membuat bentuk HTML dan memproses data.

Formulir HTML

Sebelum dapat memproses informasi, Anda perlu membuat sebuah file bentuk HTML yang akan mengirimkan informasi ke script PHP Anda. Ada dua metode untuk mengirim data: POST dan GET. Kedua jenis pengiriman informasi didefinisikan dalam bentuk elemen dan metode atribut HTML . Anda juga harus menentukan lokasi file PHP yang akan memproses informasi.

Di bawah ini adalah bentuk HTML yang akan mengirim data menggunakan metode POST. Informasi yang dikirim dari formulir dengan metode POST tidak terlihat oleh orang lain dan tidak memiliki batasan pada jumlah informasi untuk mengirim. Copy dan paste kode ini dan simpan sebagai form.html
<html>
<head>
<title>Mengolah data form HTML dengan metode POST</title>
</head>
<body bgcolor="rgb(216, 239, 227)">
<form name="myform" action="
proses.php
" method="POST">
<input type="hidden" name="check_submit" value="1" />
Nama: <input type="text" name="Name" /><br />
Kata Sandi: <input type="password" name="Password" maxlength="10" /><br />
Pilih salah satu musim : <select name="Seasons">
<option value="Musim Panas" selected="selected">Musim Panas</option>
<option value="Musim Dingin">Musim Dingin</option>
</select><br />
Pilih Bahasa:
<input type="radio" name="Country" value="INDONESIA" /> INDONESIA
<input type="radio" name="Country" value="USA" /> USA
<input type="radio" name="Country" value="Other" /> Other
<br />
Pilih Warna:
<input type="checkbox" name="Colors[]" value="hijau" checked="checked" /> Hijau
<input type="checkbox" name="Colors[]" value="kuning" /> Kuning
<input type="checkbox" name="Colors[]" value="merah" /> Merah
<input type="checkbox" name="Colors[]" value="hitam" /> Hitam
<br /><br />
Komentar:<br />
<textarea name="Comments" rows="10" cols="60">Komentar Anda disini ...</textarea><br />
<input type="submit" value="Kirim.!!" />
</form>
</body>
</head>
</html>
Contoh halaman HTML di atas mencakup unsur-unsur yang berbeda bentuk: field input, pilih daftar, area teks, tombol radio, kotak centang dan tombol kirim. Ketika pengguna mengisi formulir ini dan klik pada tombol Kirim.!!, data formulir dikirim ke file proses.php

Perhatikan bahwa kami telah menambahkan tanda kurung siku [] dengan nama elemen kotak centang. Alasan untuk kurung adalah bahwa itu memberitahu PHP yang nilainya mungkin berbagai informasi. Pengguna dapat memilih beberapa nilai, dan PHP akan menempatkan mereka semua ke dalam array dari nilai nama atribut.

Sebagai contoh, jika Anda memilih Hijau dan Kuning dan menyerahkan formulir, kemudian $ _POST ['Warna'] itu sendiri array. $ _POST ['Warna'] [0] adalah hijau dan $ _POST ['Warna'] [1] adalah Kuning. Itu karena atribut nama elemen checkbox Warna []. Jika nama itu hanya Warna, kemudian $ _POST ['Warna'] akan menjadi string, hanya memegang salah satu dari nilai-nilai yang dipilih.

Pengolahan Data Form (PHP Code)

Selanjutnya, kita akan membuat file PHP kami yang akan memproses data. Ketika Anda mengirimkan HTML bentuk PHP secara otomatis Mempopulai dua array superglobal, $ _GET dan $ _POST, dengan semua nilai dikirim sebagai GET atau POST data, masing-masing. Oleh karena itu, masukan bentuk yang disebut 'Nama' yang dikirim melalui POST, akan disimpan sebagai $ _POST ['Nama'].

Copy dan paste kode ini dan menyimpannya sebagai proses.php
<?php
//Periksa apakah formulir telah disampaikan.
if (array_key_exists('check_submit', $_POST)) {
//Mengubah karakter baris baru (\n) di daerah teks ke jeda baris HTML (tag <br />)
$_POST['Comments'] = nl2br($_POST['Comments']);
//Periksa apakah $_GET['Languages'] telah dipilih
if ( isset($_POST['Colors']) ) {
$_POST['Colors'] = implode(', ', $_POST['Colors']); //Mengkonversi sebuah array ke string tunggal
}
//Sekarang mari kita mencetak nilai-nilai yang diterima di browser
echo "Nama Anda: {$_POST['Name']}<br />";
echo "Kata Sandi Anda: {$_POST['Password']}<br />";
echo "Musim Apa: {$_POST['Seasons']}<br />";
echo "Bahasa Anda: {$_POST['Country']}<br />";
echo "Warna Favorit Anda: {$_POST['Colors']}<br />";
echo "Komentar Anda:<br />{$_POST['Comments']}<br />";
} else {
echo "Anda tidak dapat melihat halaman ini sebelum mengisi formulir, <a href='form.html'>kirim ulang</a>";
}
?>
Mari kita beri sedikit penjelasan. Pada baris pertama kita cek apakah formulir telah disampaikan dan script php belum disebut secara langsung. Selanjutnya kita mengubah karakter baris baru di daerah teks ke HTML line break. Kemudian kita periksa apakah $ _POST ['Warna'] diatur dan jika demikian kita menggunakan meledak () fungsi untuk mengkonversi $ _POST ['Warna'] array ke string tunggal. Akhirnya, kami mencetak semua nilai yang diterima di browser.

GET dan POST

Ketika mendefinisikan metode untuk mengirim informasi ke script PHP, Anda baik menggunakan GET atau POST. Keduanya mengirim variabel di script, tetapi mereka melakukannya dengan cara yang berbeda.

Metode GET mengirimkan variabel dalam URL web browser, yang membuatnya mudah untuk melihat dan mungkin mengubah informasi yang dikirimkan. Jadi metode ini tidak boleh digunakan saat mengirim password atau informasi sensitif lainnya. Hal ini juga tidak boleh digunakan untuk tindakan yang menyebabkan perubahan dalam server, seperti menempatkan pesanan atau memperbarui database. Namun, karena variabel ditampilkan di URL, adalah mungkin untuk penunjuk halaman.

Metode GET memiliki batas pada jumlah informasi daripada yang dapat dikirim. Akibatnya, jika Anda mengirim variabel panjang menggunakan GET, Anda mungkin kehilangan sejumlah besar dari mereka.

Metode POST mengirimkan variabel yang di belakang layar dan tidak memiliki batasan pada jumlah informasi yang akan dikirim. Karena variabel tidak ditampilkan di URL, itu tidak mungkin untuk penunjuk halaman.

URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini