Bukti Peringatan Penalti Oleh Google Akibat Komentar SPAM

Para Blogger yang ingin mempopulerkan blognya dengan instan pasti pernah mengalami masa-masa suram. Berbagai cara telah dilakukan, berbagai nasehat telah dicoba, namun karena masih gagal akhirnya dicoba juga dengan cara hitam.

Biasanya mereka menggunakan cara nyampah (spam), yakni menanam link di dalam komentar blog orang lain dengan tujuan meningkatkan jumlah backlink, dan akhirnya tujuan berujung pada upaya meraih peringkat website/blog di Google search engine, baik peringkat halaman utama maupun halaman internalnya.

Pada dasarnya, fitur komentar yang telah disediakan secara default oleh berbagai platform blogging dan website terkemuka seperti Blogger, WordPress, TypePad, dll secara otomatis telah diselipkan rel nofollow pada setiap link di dalam komentar blog tersebut, baik pada nama komentator maupun konten komentar.

Pertanyaan Singkat
Apa manfaat dan keuntungan nyepam di komentar blog?
Apakah link nofollow mempengaruhi SEO blog?
Apakah efek bagi backlink yang ditanam di dalam komentar blog nofollow?

Efek Link Nofollow dalam Komentar Blog
Sebelum membahas SEO, maka kita perlu merumuskan tentang apa itu Nofollow.
Sebuah Anchor text yang diberikan atribut rel="nofollow" pada hakikatnya menginformasikan pada search engine (mesin pencari) bahwa sebuah link tidak perlu diikuti atau tidak usah diperhitungkan sebagai "vote" terhadap halaman website/blog tujuan backlink. Dengan demikian, backlink tersebut tidak akan mempengaruhi ranking website di Google.

Nah sekarang Anda sudah tahu apa manfaat backlink Nofollow untuk SEO (Search Engine Optimasi). Masihkah Anda berhasrat untuk nyepam diberbagai komentar blog?

Untuk yang satu ini layak Anda pertimbangkan, apalagi jika Anda terlalu berambisius dengan menanamkan beberapa link pada sebuah komentar, lebih-lebih jika keyword tersebut tidak sesuai dengan URL tujuan. Bukanya dapat peringkat malah kena pinalti oleh google.

Dikutip dari Buka Rahasia, berikut bukti peringatan penalti oleh google
Tetapi, ini poin yang mesti diperhatikan bagi sobat yang suka nyepam link di komentar blog. Jika sobat sangat sering melakukan spam link pada komentar, dalam jumlah yang menurut Google sudah keterlaluan, maka potensi penalti baik banning, deindeks, atau penurunan ranking bisa terjadi. Ini artinya Google tetap "mencatat" jumlah backlink sobat meskipun tidak dianggap (nofollow, diabaikan), dan jika banyak backlink sobat sebagian besar didapat dari bagian komentar blog dan jumlahnya luar biasa, maka potensi penalti besar. Jika backlink di dalam komentar dibuat secara rutin dan dengan cara tidak natural (misalnya menggunakan bot) maka potensi penalti akan lebih mudah lagi didapat.

Ini salah satu buktinya.

Saya beberapa kali telah mendapat permintaan via contact form atau email yang biasa disebut "Link Removal Request" oleh webmaster/blogger yang baru saja mendapatkan warning dari Google berupa "unnatural backlinks"; yang biasanya disampaikan via Google Webmaster Tools dan email. Mengetahui info ini, webmaster/blogger pasti langsung panik. Web/blog nya mengalami penalti, baik ringan maupun berat. Di situ ada info halaman apa saja (contoh halaman pemuat backlink) yang memuat backlink tidak natural tersebut. Hasilnya, mereka semakin panik dan membuat surat yang kesannya halus, tapi sebenarnya bernada ancaman; saking takutnya, karena mau tidak mau link harus dihapus, dan yang bisa melakukan hanya pemilik blog/web.

Jalan terakhir adalah disavow tapi tentu jauh lebih rumit untuk dilakukan.

Email semacam itu biasa saya dapat dengan tujuan penghapusan link di sosbook yang saya kelola (notabene dofollow). Namun, yang membuat saya memberikan perhatian khusus, adalah email permintaan link removal yang ditujukan pada salah satu konten komentar blog ini, yang notabene nofollow. Agak kesal, saya kemudian balas dengan nada geram, walaupun saya menyetujui permintaannya.

Ini membuktikan bahwa backlink berupa nofollow, tetap diperhatikan oleh Google dalam konteks jumlah dan cara mendapatkannya; lebih spesifiknya adalah backlink pada komentar. Jadi kategori backlink dalam istilah "unnatural links" tidak semata mengacu pada backlink dofollow, tetapi mencakup semua backlink, baik backlink dofollow maupun nofollow yang didapat dengan cara tidak wajar dan jumlahnya luar biasa.

Sumber : Buka Rahasia
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini