Cara Membuat Situs Mirip Facebook Gratis

Sebelumnya saya ucapkan terimakasih kepada Anda yang telah mempercayai blog ini sebagai panduan/ petunjuk cara pembuatan situs seperti facebook.

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa facebook merupakan situs mikro blogging yang dimiliki oleh pak mark zuckerberg.

Secara teknis saya rasa Anda telah mengetahui apa itu facebook, jadi tidak perlu rasanya saya untuk membahasnya.

Sesuai judul diatas, bahwa tujuan saya (penulis) adalah memaparkan kepada Anda tentang membuat situs yang menyerupai facebook tersebut. Meskipun secara fungsi masih sangat jauh dari yang asli, setidaknya dari tampilan bisa mirip 80%.

Ada berbagai macam dan jenis situs yang bisa Anda buat secara gratis. Yakni yang menggunakan javascript saja atau menggunakan pemrograman PHP.

Jika Anda menggunakan javascript, maka Anda tidak perlu bersusah payah mengatur ini itu. Anda hanya cukup mendownload template secara gratis lalu memasukkan kedalam kotak penyimpanan template Anda.

Disini akan saya contohkan membuat free blog mirip facebook dengan mengandalkan subdomain dan hosting mirip Google.

Subdomain merupakan ekor dari domain. Misalnya http://situsmiripfacebook.blogspot.com dan lain sebagainya.

Untuk template bisa Anda cari dan download di google atau yahoo terserah Anda. Setelah berhasil didownload maka langsung menuju ke menu template dan ganti semua template yang ada menjadi template yang barusaja Anda download tadi.

Namun jika Anda menggunakan yang versi PHP. Maka Anda perlu sedikit berfikir dikarenakan harus memahami fungsi database. Jika Anda pemula tidak disarankan membuat situs jejaring sosial secara gratis.

Jika Anda punya modal, saya sarankan membeli hosting sendiri yang sudah support PHPMyAdmin dan sejenisnya.

Mengapa harus membeli hosting dan apa manfaatnya?

Hosting berbayar rata-rata memiliki aplikasi auto instaler. Aplikasi ini sangat mudah dijalankan sebab, hanya dengan menekan INSTALL maka aplikasi yang Anda inginkan sudah langsung jadi.

Menggunakan hosting gratisan yang support PHP juga bisa untuk menginstall, tapi rata-rata untuk bandwidth / kapasitas memori dibatasi maksimal 5MB.

Takutnya nanti baru mulai lancar situs Anda harus down karena kehabisan memori. Mubazirkan? mendingan membeli hosting yang UNLIMITED bisa digunakan untuk menyimpan file sebesar apapun tanpa harus takut kehabisan tempat penyimpanan data.

Biasanya aplikasi yang ada pada hosting tersebut tidak sama. Namun untuk Auto Instaler Facebook ada pada hosting www.ardetamedia.com. Saya juga pernah menggunakannya pada situs http://kuamang.net

Awalnya situs itu untuk jejaring sosial, namun karena kesulitan mencari user/ member maka saya Uninstall dan saya ganti dengan script php Pasang Iklan Gratis yang saya dapatkan dari Auto Installer juga.

Padahal saya sama sekali tidak mengerti bahasa pemrograman, namun karena adanya auto instaler jadi gampang untuk menginstallnya.

Sekarang, apa tindakan Anda? Masih ingin menggunakan script gratisan?
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini