Trik Mempertahankan Kualitas SEO Blog di Search Engine

Sebagian orang bilang mendapatkan juara itu lebih mudah daripada mempertahankannya. Benarkah?
Yang belum pernah dapat juara bengong  :D haha

Kalau menurut saya sih sepertinya ada benarnya juga. Sebab, untuk orang yang sedang perjalanan menuju kesuksesan akan optimis mengejar cita-citanya semampunya. Sedangkan untuk mereka yang tengah naik daun bekerja ekstra keras agar apa yang telah didapatkan tidak lenyap begitu saja.

Sayangkan jika tinggal meneruskan/ merawat saja tidak dikerjakan, padahal selama ini kita telah banting tulang mendapatkannya.

Nah topik pembicaraan saya kali ini adalah bagaimana cara agar blog kita bisa bertahan dalam mendapatkan ranking diberbagai mesin pencari seperti google, yahoo, bing, ask, dsb.

Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mencobanya. Namun karena keterbatasan saya dalam mengetik, dibawah ini hanya beberapa trik saja yang akan saya bocorkan kepada Anda semua. Namun kalian semua harus janji untuk menambal kembali, kan udah dibocorin wkwkwk..

Sebelum menuju ke pokok inti, mari kita simak pendapat dari para master dibawah ini :

SEO is an acronym for "search engine optimization" or "search engine optimizer." Deciding to hire an SEO is a big decision that can potentially improve your site and save time, but you can also risk damage to your site and reputation. Make sure to research the potential advantages as well as the damage that an irresponsible SEO can do to your site. Many SEOs and other agencies and consultants provide useful services for website owners, including:
  • Review of your site content or structure
  • Technical advice on website development: for example, hosting, redirects, error pages, use of JavaScript
  • Content development
  • Management of online business development campaigns
  • Keyword research
  • SEO training
  • Expertise in specific markets and geographies.
Selengkapnya..
Sudah dibaca? Tahu apa artinya? Buka kamus :D kalau kalian ingin mengartikan pakai kamus HP Offline silahkan Download Disini. Syaratnya yang penting HP kalian support Java.

Nah kalau sudah paham mari kita menuju ke tutorialnya.
Jika blog Anda telah memiliki beberapa artikel/ postingan yang mendunia, atau setidaknya dilihat ribuan kali sehari, ini akan jauh lebih mudah daripada blog cabe-cabean yang sedang merintis dari bawah.

1. Cari artikel mana yang paling banyak dibuka oleh pengunjung tiap harinya, misalkan postingan Anda yang memiliki label Trik Blogging, dilihat hingga rata-rata 5000 pageview/ hari. Maka saran saya adalah perbanyak artikel-artikel serupa yang memiliki nilai manfaat besar.

Karena, biasanya pengunjung yang sedang membaca sebuah artikel akan melirik kanan-kiri jikalau ada sesuatu yang cocok maka akan dibuka.

Maka dari itu penting sekali kita dalam membuat sebuah postingan untuk tidak lupa memberi label/ kategori. Setelah itu memasang widget kategori agar beberapa artikel serupa/ terkait dapat tampil dibawah artikel. Sehingga peluang mendapat pageview jadi bertambah.

2. Jika Anda memiliki beberapa blog, misalnya www.domainsatu.com dan www.domaindua.com maka saya sarankan agar saling menautkan link keblog yang satunya. Manfaatnya apa? Jelas ada, salah satunya meningkatkan backlink.

3. Ingatlah bahwa blogger itu sama saja dengan pedagang, siapa yang paling cerdas menawarkan barang dengan harga yang terjangkau dan kualitas yang oke, maka dialah yang bakal jadi rebutan para pembeli.

Meskipun artikel yang Anda buat telah diterbitkan oleh blogger lainnya, namun jika Artikel yang Anda buat mencakup manfaat, tanda baca yang jelas, loading page yang cepat, tidak adanya jebakan betmen seperti memasukkan script auto klik iklan dan sejenisnya, maka blog Anda akan menjadi langganan bagi mereka yang membutuhkan.

4. SEO (Search Engine Optimasi).
Secara singkat dapat diartikan, mengoptimalkan mesin pencari (search engine).
Sangat penting memperhatikan perkembangan blog sendiri daripada perkembangan blog orang lain :P

5. Jika Anda membuat blog dari Google/ blogger.com maka secara default teknik SEO telah tertanam pada menu settingan. Anda dapat mengeditnya jika Anda benar-benar sudah ahli atau setidaknya sudah mengerti dengan seluk beluk dari bagian-bagian itu. Sebab jika sala malah yang ada blog Anda tidak akan dikenali oleh beberapa mesin pencari.

6. Jika Hosting yang Anda gunakan adalah hosting berbayar, Anda perlu mensetting secara manual pada Cpanel Anda. Silahkan Googling tentang index .htaccess

7. Cukup sampai disini dulu tutorial hari ini karena masih ada beberapa pekerjaan lain yang belum terselesaikan, kapan-kapan akan saya sambung lagi. Semoga apa yang saya tulis ini sampai dimata pengunjung setia blog saya dan bermanfaat buat yang menginginkan ilmunya. Selamat mencoba semoga berhasil.
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini