Bahan Alami - Mengobati Mata Belekan untuk Balita / Bayi

Contoh Gambar Mata Belek pada Bayi
Mata merupakan panca indra penglihatan. Dengan adanya mata, seseorang dapat melihat sesuatu dengan jelas. Namun apa jadinya jika mata kita terserang belekan?

Belek merupakan penyakit yang tidak membahayakan, karena tanpa diobati lambat laun akan sembuh sendiri. Namun akan lebih baik jika dilakukan pengobatan agar penyakit bisa cepat terangkat.

Mata yang telah terserang belek akan lebih sensitif melihat cahaya yang terang maupun redup. Tentunya akan mengganggu aktifitas sehari-hari karena tidak bisa menyaksikan keindahan alam dengan nyaman.

Jika kepala dihadapkan kebawah, kepala rasanya mau copot. Jika melihat sinar matahari, mata terasa pedas dan berair. Mata yang bulat dan indah mendadak menjadi merah, bengkak dan sipit. Itulah akibat jika mata telah diserang belek.

Saat ini sudah ada beberapa obat untuk mengatasinya. Namun kebanyakan hanya ditujukan untuk orang dewasa. Hal ini disebabkan oleh minimnya kekebalan pada bayi.

Meskipun telah ada obat dirumah sakit maupun apotik, namun akan lebih aman jika melakukan pengobatan menggunakan racikan sendiri pakai bahan-bahan alami agar terhindar dari iritasi dan menjauhkan resiko.

Dikutip dari Teruskan dot com, Berikut Resep Alami Mengobati Mata Belek untuk Bayi


1. Meneteskan ASI ke Mata Bayi
Air Susu Ibu (ASI) dipercaya steril dan mengandung mineral alami yang pasti baik bagi bayi, termasuk mata. Sebenarnya belum ada penelitian tentang ASI yang baik untuk mengobati mata sakit pada bayi, namun pengalaman mengatakan bahwa cukup banyak ibu-ibu yang berhasil dengan metode ini.

2. Mengambil Embun Dedaunan di Pagi Hari
Caranya dengan menyerap embun di daun dengan kapas steril kemudian diteteskan di mata bayi anda. Namun hal ini sangat rentan akan kuman dan infeksi jika memang dedaunan yang berembun berada di pinggir jalan yang sudah terkena debu di malam harinya. Meskipun demikian masih banyak ibu-ibu yang percaya cara ini berhasil.

3. Air Rebusan Daun Sirih
Daun sirih terkenal dengan desinfektannya yang mampu membersihkan kuman. Cukup dengan merebus beberapa lembar daun sirih dan meneteskan air rebusan pada mata bayi. Namun ini sangat riskan dilakukan karena air sirih sangat mudah membuat mata bayi menjadi perih dan lebih merah, jadi perlu pertimbangan lebih akan metoda kuno ini.

4. Air Ludah Ibu 
Air ludah ibu di pagi hari dipercaya bisa membunuh kuman. Namun tetap keamanan metoda ini masih saja diragukan karena kuman di mulut si ibu bisa jadi memicu penyakit mata menjadi lebih parah.

Catatan!
Tips diatas belum pernah saya aplikasikan pada bayi. Jika tidak ada perubahan/ sakit berlanjut silahkan bawa ke dokter.

Terimakasih telah membaca tutorial ini semoga bermanfaat.
URL

1 Tanggapan: » Lihat

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini