Bahaya Kerokan - Bikin Tubuh Jadi Rentan Sakit


Gambar Orang Kerokan

Kebanyakan untuk masyarakat pedasaan, kerokan adalah cara utama dan pertama ketika sedang masuk angin. Kalangan ini percaya bahwa sistim kerokan dapat mengeluarkan angin melalui pori-pori yang mulai melebar berwarna merah itu. Trik ini sudah lama dilakukan dalam rangka mengatasi masuk angin karena kerokan merupakan cara tradisional mengobati masuk angin tanpa biaya mahal.

Jika dulu biasa kerokan menggunakan bagian pisau dan clurit yang tumpulnya, kini lama-lama sudah menggunakan alat yang semakin modern, yaitu koin/ uang logam. Kerokan juga dipercaya dapat mengobati kepala yang sakit akibat pusing. Hanya mengandalkan uang logam dan sedikit minyak tanah/ bawang merah, masuk angin bisa langsung sembuh. Menurut ilmu kedokteran, kerokan memang punya manfaat dalam urusan masuk angin, namun efek sampingnya justru akan membuat seseorang jadi lebih mudah terserang penyakit.

Dari sisi medis, seseorang yang tubuhnya dikerok untuk mengeluarkan angin di tubuh sebenarnya justru merusak pembuluh darah dalam badan. Hal ini tentu akan membuat penyakit jadi lebih mudah datang. Lagipula, cara ini bisa bikin kecanduan. Jika sudah terkena masuk angin/ demam ringan, jika tidak dikerok akan susah sembuh, meski sudah diobati dengan obat herbal seperti tolak angin, bintangin, dan sejenisnya.

Dikutip dari Okezone, menurut Dr. S. Djokomuljanto, MMed (Paeds) SpA. Dokter Spesialis Anak, kerokan atau usaha yang dilakukan orang untuk mengeluarkan angin dengan koin itu sebenarnya hanya akan membuat pembuluh darah Anda pecah. Hal ini bisa bila dibiarkan berdampak memudahkan banyak virus ataupun bakteri masuk ke dalam tubuh. Memang efeknya tidak akan bisa langsung dirasakan oleh tubuh Anda, namun efeknya akan terasa di kemudian hari.

Saran Admin

Mengingat efek kerokan yang cukup membahayakan kesehatan, maka upaya pengobatan menggunakan teknik kerokan tidaklah disarankan untuk dilakukan.
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini