Cara Buat Perahu Mainan Sederhana Bertenaga Dinamo


Cara Buat Perahu Mainan Sederhana Bertenaga Dinamo

Segala sesuatu yang besar selalu berawal dari hal-hal kecil, dan terkadang kita tak pernah menyangka bahwa hal sepele bisa mendatangkan berkah. Seperti gambar disamping, perahu mainan berbahan dasar gabus dengan ditambah sedikit peralatan modern terlihat sangat menarik.
Ketika masih kanak-kanak, tentu kita pernah bermain air, mobil-mobilan dan tak lupa main kapal-kapalan. Sesungguhnya mainan ini dapat menjadi sumber penghasilan jika kita pandai mengembangkannya.

Seperti yang telah kita lihat bersama, sebagian besar mainan yang ditujukan anak-anak balita terlihat cantik dan menabjubkan. Padahal jika ditelusuri bahan pembuatannya sederhana saja. Karena mereka lebih mengutamakan kuantitas dibanding kualitas. Bodi adalah hal terpenting yang diutamakan daripada kecanggihan mesin.

Jika Anda punya minat, saya rasa Anda tidak akan kesulitan dalam mencoba membuat perahu mainan ini. Selain terbuat dari bahan-bahan yang ramah lingkungan, tips dan triknya pun juga bisa dibilang simple dan tidak memakan waktu yang lama.

Untuk memulai membuat perahu, siapkan beberapa bahan dan alat berikut :
1. Gabus Bekas
2. Dinamo Tamiya
3. 2 Buah Baterai
4. Kabel Seperlunya
5. Baling-baling (potongan seng)

Apa Kegunaann dari masing-masing bahan ini?
Gabus bekas berguna sebagai pelampung/ wadah dari alat lainya agar tidak terkena air. Saya merekomdasikan Anda menggunakan gabus karena bahan ini mudah didapatkan. Anda bisa mendapatkan gabus dari alat-alat elektronikk yang barusaja Anda beli, biasanya didalamnya ada gabusnya. Jika tidak ingin menggunakan gabus, Anda juga dapat memanfaatkan kayu kering atau yang bisa mengambang dipermukaan air.

Dinamo Tamiya sering digunakan sebagai penggerak roda mobil balap mainan. Jika Anda telah memiliki mesin dinamo yang tidak terpakai lagi, maka Anda dapat menggunakannya tanpa harus membeli yang baru. Namun jika belum punya, silahkan cari ditoko elektronik, biasanya mereka menjual dinamo ini. Untuk ukuran dinamo sesuaikan dengan besar kapal yang akan Anda buat.

Untuk baterai, tanpa saya jelaskan seharusnya Anda sudah mengetahui kegunaannya, bukan lain hanya untuk bahan bakar mesin agar bisa mnyala. Silahkan cari baterai yang menurut Anda paling kuat dan tahan lama agar tidak mudah habis ketika dinamo sedang beroperasi. Sebenarnya tidak harus dua baterai, satupun cukup asal kuat menggerakkan dinamo.

Untuk kabel pilih yang kecil saja, mudah dibengkokkan dan tidak robek pembungkusnya. Kabel ini difungsikan untuk menghubungkan antara dinamo dengan baterai.

Baling-baling harus yang tipis namun kuat mendorong kapal hingga bisa berjalan penuh. Untuk ukuran kapal kecil, menggunakan seng saja sudah cukup kuat.

Bagaimana Cara Pembuatannya :
1. Iris gabus menyerupai kapal/ sesuai selera Anda.
2. Lubangi gabus untuk ditempati batrai dan dinamo. Untuk lubang baterai bisa dimana saja, namun untuk lubang dinamo sebaiknya dibuat dibagian belakang.
3. Letakkkan baterai dan dinamo di posisi yang telah disiapkan.
4. Setalah itu, ambil kabel dan potong menjadi 2 bagian. bagian 1 dihubungkan antara batrai (-) dengan dinamo, bagian 2 dihubungkan antara batrai (+) dengan dinamo.
5. Coba cek apakah dinamo sudah bisa berputar.
6. Jika sudah maka selipkan baling-baling keujung dinamo.

Cara Buat Perahu Mainan Sederhana Bertenaga Dinamo

Kusus untuk baling-baling Anda harus jeli dalam membuatnya, perhatikan arah dinamo kemana dia berputar.
Lalu tekuk seng yang telah dipotong-potong menjadi dua bagian sesuai dengan kemana arah dinamo berputar. Lalu gabungkan kedua potongan seng tersebut menyerupai salib/ (plus +) lalu lekatkan kedua seng.
Untuk lebih jelasnya, lihat gambar. (Klik gambar untuk memperbesar).

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. dan untuk menghasilkan kerajinan tangan ini menjadi lebih sempurna, silahkan beri warna. Anda juga dapat mengembangkannya menjadi kapal sungguhan dengan bahan-bahan yang lebih berkualitas.

Untuk mengetahui informasi terkait lainya seputar kapal/ perahu mesin, silahkan baca Update berikutnya. Anda dapat menyimpan halaman ini dengan cara (CTRL+D).
URL

6 Tanggapan » Lihat

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini