Cara Memupuk Pohon Mangga yang Tepat - Trik Buah

Setelah sebelumnya menerbitkan tutorial mengatasi buah busuk akibat serangan lalat buah, kini saya publikasikan kembali artikel berkaitan yakni Cara Memupuk Pohon Mangga yang Tepat Agar Berbuah Lebat.

Buah mangga merupakan jenis tanaman yang banyak diminati sebagian besar orang. Hal ini dikarenakan rasa buahnya yang manis dan kaya akan vitamin untuk kesehatan tubuh. Namun sayangnya untuk mendapatkan mangga yang berkualitas memerlukan tenaga ekstra serta modal yang cukup. Tidak semua jenis tanah mendukung untuk ditumbuhi pepohonan, sehingga diperlukan nutrisi untuk sipohon, tidak lain dan bukan tidak adalah dengan cara pemberian pupuk.
Diperlukan nutrisi yang cukup agar terjadi proses pembungaan dan menghasilkan buah.

Berikut adalah cara memupuk pohon yang baik dan benar :


Cara Memupuk Pohon Mangga yang Tepat - Trik Buah

Buat Bedengan Mengelilingi Tanaman.
Anda dapat membuat bedengan ini menggunakan alat tani, cangkul misalnya. Untuk kedalaman bedengan dibuat kira-kira 10-12 cm, dan untuk lebar melingkar disesuaikan dengan besar pohon. Semakin besar pohon maka semakin lebar pula pembuatan bedengan. Idealnya bedengan melingkar hendaknya pada diameter luar batang tanaman yang terdapat daun.
Jika proses pemupukan hanya dengan menaburkan pupuk disekitar tanaman tanpa dibuatkan bedengan biasanya ketika diterjang hujan, pupuk meluber kemana-mana, belum tentu mengarah ke akar tanaman, terkadang hanya melalui permukaan tanah saja.

Bagaimana Cara Menaburkan Pupuk Yang Tepat?

Seperti gambar diatas, bedengan dibuat melingkar dengan diameter luar batang tanaman yang terdapat daun. Pemberian pupuk yang tepat lazimnya tidak terlalu jauh dari pohon dan juga tidak terlalu dekat dengan pohon.

Mengapa posisi tersebut yang dipilih?

Karena pada posisi tersebut merupakan wilayah perakaran tanaman yang melakukan penyerapan nutrisi terbaik.

Untuk jenis pupuk, gunakan pupuk yang mengandung Nitrogen (N) dan Phosfor yang cukup. Kegunaan Nitrogen (N) tidak lain untuk merangsang pembungaan, dan Phosfor digunakan untuk memperkuat calon buah agar tidak rontok. Pemupukan dengan jenis pupuk yang tidak mengandung dua unsur tersebut maka hasilnya tidak akan baik dan tanaman akan sulit berbunga.

Lakukan penyiraman berkala

Jika pohon mangga yang Anda tanam masih berukuran kecil, maka dibutuhkan penyiraman agar tidak mati. Proses penyiraman harus memperhatikan kadar keasaman air yang digunakan dan juga tingkat kelembaban tanah yang akan disiram. Jika kondisi tanah sudah basah sebaiknya penyiraman tidak dilakukan agar tidak terjadi pembusukan akar tanaman.
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini