Kisah Lucu : Pejabat Anti Suap dan Korupsi

Pada suatu zaman, didesa suka malas hiduplah seorang pejabat kepemerintahan bernama ajip yang hidup serba mewah, cerdas dan terkenal jujur. Waktu itu ia masih menjabat sebagai kepala suatu instansi pemerintah. Sepanjang kariernya, ajip berhasil mendapat gelar pemimpin terbaik dan menjadi teladan karena telah sukses membuat banyak proyek.

Sesaat setelah sebuah proyek selesai, ia kedatangan tamu konsultan merangkap kontraktor dan berkata :
Kontraktor : Selamat siang pak, ada hadiah dari kami untuk bapak. Saya parkir di bawah, "Kijang Innova."

Ajip : Apa-apaan ini? Anda mau menyuap saya? Tender kan udah rampung? Apa maksudnya mobil ini??

Kontraktor: Tolonglah Pak diterima. Bapak sudah sangat berjasa kepada kami. Jika bapak tidak mau menerima permberian dari kami, saya akan dianggap gagal membina relasi oleh komisaris.

Ajip : Saya tetep gak mau, ini namanya suatu tindakan melanggar hukum. Jika ketahuan, saya bisa dipenjara gara-gara menerima suap dari kalian.

Kontraktor : (berfikir sejenak..) Begini saja Pak, agar status mobil ini bukan suap, bagaimana jika bapak beli saja mobilnya?

Ajip : Ah bercanda kamu, mana punya saya uang sebanyak itu?!

Kemudian kontraktor itu menelpon komisarisnya.

Kontraktor : Saya telah perbincangkan masalah ini dengan komisaris, dan menurutya: bapak boleh beli mobil ini seharga Rp. 10.000,- saja. Bagaimana?

Ajip : Nah begitu dong, ini baru namanya bukan suap. Tapi pakai kwitansi ya.

Kontraktor : Oh tentu pak!

Tanpa menunggu lama, si kontraktor menyiapkan kwitansi dan menyerahkannya. Ajip membayar mobil itu dengan uang 50 ribuan. Mereka pun bersalaman "sebagai tanda DEAL".

Kontraktor : (sambil membuka dompet) Oh, maaf pak, hampir lupa. Ini kembaliannya Rp.40.000,.

Ajip : Terimakasih, tapi saya pikir ini tidak perlu, karena uang kembaliannya mau saya belikan mobil lagi. Tolong nanti siapkan kwitansinya 4 lagi ya!

Kontraktor : (*nelen pulpen)
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini