Pengalaman Sendiri - Cara Mencangkok Yang Baik dan Benar

Cangkok bisa dikatakan juga dengan clone. Karena disini kita akan mengambil sebagian/ keseluruhan dari keunggulan suatu pohon ke pohon yang baru. Sebelum memulai menyangkok, sebaiknya Anda pastikan dulu bahwa target adalah objek terbaik, misalnya buahnya bagus, terjamin bibit, bobot dan bebetnya.

Hasil dari proses mencangkok ini hampir sama dengan pohon yang dicangkok, namun ada beberapa keunggulan salah satunya adalah pohon tidak bisa tinggi. Jadi ini merupakan keuntungan ketika ingin memetik buah dan sebagainya.

Berikut Bahan dan Alat (Proses Pencangkok'an)

  1. Tanah gembur (tidak keras).
  2. Pupuk kandang (kotoran sapi, kambing, ayam dsb) *pilih salah satu.
  3. Pengupas Kulit Pohon (pisau, golok)
  4. Pembungkus dari plastik, sabut, atau ijuk *pilih salah satu
  5. Pengikat bungkusan (tali rafia, tambang kecil, potongan kain) *pilih salah satu

Berikut Bahan dan Alat (Proses Penanaman)

  1. Gergaji/ gorok.
  2. Kantong plastik hitam/ kolibet.
  3. Pelubang Kolibet (paku, kayu, obeng) *pilih salah satu

Langkah-langkah


Cara Mencangkok Yang Baik dan Benar

1. Sayat/ kupas kulit cabang secara melingkar dengan pisau sepanjang 4-6 cm. Kulit cabang yang disayat sebaiknya berada tepat di bawah kuncup daun. (*jangan sampai terkena daging dahan)
2. Kikislah kambium yang mungkin masih melekat pada bagian kayu, buang lendir yang membasahinya.
3. Keringkan bagian dahan yang telah dikupas dengan membiarkannya selama kurang lebih 3-4 hari.

Cara Mencangkok Yang Baik dan Benar

4. Bungkuslah dahan(jw. pang) yang telah dikupas dengan sabut kelapa. Lalu ikat bagian bawah lembaran pembungkus kira-kira 6 cm di bawah sayatan.

Cara Mencangkok Yang Baik dan Benar

5. Masukkan tanah gembur yang telah dicampur pupuk kandang ke dalam pembungkus itu.
6. Pastikan bahwa dahan yang terkelupas itu telah tertutup tanah seluruhnya. Selanjutnya, ikat bagian atas lembaran pembungkus.
7. Sirami cangkok'an secara teratur (pagi & sore), terutama jika tidak ada hujan agar kondisi tanah tetap lembab. Untuk penyiraman bisa dilakukan secara langsung, namun bisa juga dengan membuka ikatan atas sementara lalu diikat kembali setelah disiram.
8. Pertumbuhan akar yang sempurna membutuhkan waktu berbulan-bulan. Jika akar telah tumbuh sempurna, potong dahan tesebut dengan gergaji tepat di bawah pembungkus cangkokan.
9. Jangan langsung menanam cangkokan ini di kebun (tanah terbuka). Cangkokan itu lebih baik disemaikan terlebih dahulu. Caranya, isi kolibet dengan tanah gembur dan pupuk kandang. Lubangi kolibet bagian bawahnya dengan paku, proses ini sebagai pemberi hawa untuk akar sekaligus tempat pembuangan air berlebih agar akar tidak membusuk.

Cara Mencangkok Yang Baik dan Benar

10. Masukkan potongan cangkokan kedalam kolibet (polybag) yang telah disediakan. Letakkan di tempat yang teduh/ terhindar dari sinar matahari secara langsung. Waktu yang dibutuhkan untuk proses penyemaian ini kira-kira 3 bulan.
11. Selama proses penyemaian, sirami tanaman ini setiap hari.
12. Setelah tiba waktunya, semaian dapat dipindahkan ke tempat yang lebih banyak mendapat sinar matahari.
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini