Cara Pasang Widget Pool/ Rating Gratis Setiap Artikel untuk Blogspot

Widget Pool Free
Suatu blog atau situs akan lebih lengkap apabila diberi pooling/ jejak pendapat untuk para visitor. Hal ini memungkinkan dapat diketahui oleh pengunjung seberapa layak suatu artikel yang dimuat.

Sebenarnya, jika Anda menggunakan subdomain gratis dari blogger misalnya 4sharap.blogspot.com, maka pada elemen tata letak sudah diberikan widget ini langsung dari Google. Namun sayangnya saat widget tersebut ditampilkan menyeluruh dalam satu domain. Jadi tidak ada pembeda vote antara artikel yang satu dengan yang lainya.

Nah, untuk itulah alasan saya yang pada hari ini mempublikasin tutorial cara pasang widget pool disemua artikel/ postingan.

Widget yang satu ini bisa Anda dapatkan secara gratis/ free dengan mudah. Adapun beberapa kelebihan dan kelemahan dari widget ini diantaranya:

Kelebihan

1. Bisa didapatkan secara gratis (ada versi berbayar juga jika mau $3/bln atau setara dengan Rp.38.000)

2. Bahasa script yang digunakan adalah JavaScript sehingga sangat memungkinkan untuk diatur CSS-nya dan tidak terlalu berat saat di load.

3. Tidak ada batasan uji coba/ trial (bisa dipasang selamanya)

4. Widget ini bisa dipasang disemua jenis situs, bahkan juga bisa ditampilkan di notepad yang disimpan dengan format .html (jadi tidak hanya bisa dioperasikan di blogspot saja)

5. Ada admin menu, sehingga memudahkan pengguna ketika ingin merubah tampilan atau ingin menghapus widget.

6. Vote yang diberikan oleh pengunjung berbeda-beda dari setiap artikelnya. Tergantung bagaimana penilaian yang diberikan saat membuka salah satu halaman blog Anda.

Kelemahan

1. Untuk versi gratis, vote yang diberikan oleh visitor akan membuka halaman baru. Sedangkan yang versi berbayar saya belum mencobanya.

2. Pada halaman blog Anda, jumlah vote tidak bisa ditampilkan.
Jadi visitor hanya akan tahu jumlah vote yang telah masuk ketika sudah memberikan vote. Anda juga diberi pilihan, apakah ingin menambahkan tombol view atau tidak. Tombol view ini ketika di klik akan memperlihatkan jumlah vote yang telah masuk.

3. Setiap vote disini menggunakan id unik dari setiap jawaban yang Anda buat. Sebagai contoh id="answer335654841".
Misalnya sebenarnya label yang Anda buat untuk id tersebut adalah label Suka, namun ada seseorang yang mencuri kode Anda lalu memasangnya pada blog mereka dan mengganti label yang seharusnya berisi Suka menjadi Tidak Suka, maka saat vote dilakukan adalah menghasilkan id yang ada.

4. Kelemahan terakhir yang menurut saya cukup mengkhawatirkan adalah tidak adanya hak milik resmi. Jadi widget yang telah Anda pasang pada blog, sewaktu-waktu jika ada yang ingin mencuri kode scriptnya bisa dengan sangat mudah.
Ini tentu sangat memprihatinkan. Lebih-lebih jika widget Anda dipasang diblog orang lain yang katakanlah cukup buruk bagian kontennya. Tentu para visitor akan lebih banyak yeng memberikan vote Jelek.
Dampaknya juga akan mengena pada situs Anda, karena vote itu juga akan ditampilkan ketika seseorang memberikan vote langsung melalui situs Anda.
Saya rasa Anda tidak akan menemukan kesulitan dengan trik ini, karena proses pembuatannya yang sangat mudah dan simpel. Silahkan dicoba gan semoga bermanfaat dan berkah buat kita semua..
(salin url ini dibrowser Anda untuk mendapatkan widget : http://pollcode.com)

Update!!
Maaf, cara ini sudah tidak berlaku lagi untuk masing-masing artikel. Jadi semua artikel dalam blog mendapat satu voting saja.
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini