Contoh Surat Pernyataan Nikah Siri yang SAH Menurut ISLAM

Sampai saat ini, Nikah Siri di Indonesia masih cukup banyak diminati oleh sebagian oknum. Berbagai motif, beragam alasan yang membuat mereka suka rela melakukan kawin siri, ada yang karena sedikitnya biaya untuk pernikahan, dan ada juga yang gak mau ribet ngurus ini itu. Dari hasil penelusuran kami diberbagai sudut desa dan kota setempat, kebanyakan mereka berasal dari keluarga yang tidak jelas bibit, bebet dan bobotnya.

Namun apapun alasannya, yang jelas nikah siri itu tidak akan dianggap ada oleh negara, meskipun dari segi Agama nikah siri sah-sah saja. Pada surat pernyataan perkawinan sirih, Anda sudah harus membaca semua yang tertulis disana, yang salah satu isinya "jika dikemudian hari terdapat hal-hal yang tidak di inginkan maka saya bersedia diproses secara hukum menurut undang-undang yang berlaku". Sudah siapkah Anda berurusan dengan penegak hukum?

Bagi Anda yang sudah terlanjur melakukan nikah siri dan ingin mengurus buku nikah agar diakui oleh hukum dan undang-undang, maka sebagai salah satu syaratnya adalah : Anda harus membuat surat pernyataan nikah yang sudah diketahui oleh Ketua RT setempat dan ada barang bukti berupa tanda tangan. Surat pernyataan nikah yang dikatahui oleh RT setempat baru tahap awal, selanjutnya akan diproses untuk melengkapi persyaratan ke tahap selanjutnya.

Berikut salah satu contoh surat pernyataan nikah siri yang mungkin berguna untuk dipakai sebagai bukti bahwasanya pernikahan siri Anda diketahui oleh ketua RT setempat dan sebagai tindak lanjut untuk membuat buku nikah.

SURAT PERNYATAAN NIKAH SIRI
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama
Tempat/Tgl lahir
Umur
Pekerjaan
Alamat

menyatakan bahwa :
Nama
Tempat/Tgl lahir
Umur
Pekerjaan
Alamat

adalah istri sah saya yang telah saya nikahi secara sah menurut hukum dan syari’ah Islam pada tanggal (tanggal nikah) dengan keadaan sadar dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan jika dikemudian hari terdapat hal-hal yang tidak di inginkan maka saya bersedia diproses secara hukum menurut undang-undang yang berlaku serta tidak akan melibatkan pihak manapun.

Jambi, 17 Maret 2015
Saksi I Saksi II Yang Menyatakan

(......) (......) (......)


Diketahui,
Ketua RT. 001 Kuamang Kuning
(..................)
INGAT!!
Nikah siri memang mempunyai surat namun tetap negara tidak akan mengakuinya, resiko anda tanggung sendiri.!
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini