Penyebab & Cara Mengatasi Laptop Sering Not Responding


Logo Not Responding
+ Pada postingan kali ini, akan saya jelaskan bagaimana cara memperbaiki laptop yang bentar-bentar mengalami not responding (id* tidak merespon).
+ Bukan hanya terbatas pada laptop saja, not responding kerap sekali ditemui pada PC seperti komputer dan notebook (netbuk). Setiap komputer yang telah di install harusnya hanya dari salah satu Windows saja, seperti Windows XP, Windows 7 atau Windows 8.
+ Program bisa mengalami not responding merupakan hal yang lumrah. Hal seperti ini bukan hanya terjadi pada komputer Anda saja, termasuk penulis artikel ini juga pernah mengalaminya dulu.

Adapun penyebab dari program not responding disebabkan oleh beberapa hal berikut :
1. Memori yang disediakan di hardisk Anda sudah penuh.
2. Program yang Anda buka terlalu banyak dalam satu waktu (secara bersamaan).
3. Terkena serangan virus sehingga menyebabkan memory Anda full.
4. Spesifikasi laptop Anda kurang bagus.
Jika Anda gemar membuka internet, tapi Anda kurang memperhatikan rawannya virus terhadap komputer Anda, maka penyebab pada no 3 memiliki peluang lebih besar dapat merusak program komputer Anda.

Perlu diketahui bahwa virus/ malware bisa menyebar dengan mudah akibat dari sambungan yang tidak aman, misalnya situs yang Anda kunjungi sudah terinveksi virus. Hal ini penting Anda pertimbangkan untuk selalu update Anti virus. Bila perlu, upgrade Anti virus Anda menjadi yang berbayar, karena semua yang gratisan memiliki banyak kekurangan. Seperti terbatasnya jenis virus yang dapat di deteksi, sehingga tidak menutup kemungkinan masih ada virus yang bersarang pada komputer Anda.

Mungkin masih ada lagi beberapa penyebab yang dapat menimbulkan program jadi not responding, jadi kami tidak melarang pembaca jika ada yang mau menambahkan pengalaman/ pengetahuan agar semakin banyak orang yang mengetahui cara mengatasinya.

Disini ada beberapa tips tentang mengatasi program windows not responding yang saya pikir perlu Anda coba guna menyelesaikan permasalahan Anda, diantaranya sebagai berikut :
1. Tekan tombol Alt, Ctrl, Del secara bersamaan pada keyboard laptop atau komputer Anda, ini berguna untuk membuka Task Manager.
2. Setelah halaman Task Manager terbuka, klik Applications yang ada di atas layar.
3. Setelah itu, Anda akan melihat beberapa program yang sedang berjalan. Silahkan klik kiri satu kali program yang Not Responding itu.
4. Jika disaat bersamaan ada beberapa program yang sedang not responding, Anda bisa menandainya dengan cara klik CTRL sambil klik program lainya secara bersamaan.
5. Langkah selanjutnya, klik End Task yang terletak di bawah layar. Ini bertujuan untuk menghentikan program yang tidak merespon itu.

Sampai pada langkah ini seharusnya program yang not responding itu sudah teratasi. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa program tersebut masih saja belum keluar.

Nah, jika ada program yang bandel, setelah diklik End Task dan program belum tertutup maka biasanya akan tampil pesan bahwa program tidak merespon, maka klik saja End Now.

Jika masih belum teratasi juga, maka cara terakhir adalah dengan me-restart komputer Anda. Langkah ini sudah pasti berhasil karena semua program akan dimuat olang oleh Windows.
URL

4 Tanggapan » Lihat

trimakasih tdk membantu sama sekali nih idenya ndak bisa di pakai

terimakasih gan, sangat membantu sekali artikelnya

Ini yang sedang saya cari-cari. Thanks tipsnya gan :D

ini hanya berlaku untuk mengatasi per notresponding gan, kalau ingin membuat normal seperti baru, bisa dengan install ulang, paling cuma bayar 70rb-an

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini