Tips Cerdas Memilih Hari Baik Melamar Pekerjaan

Jika selama ini para anak-anak remaja, khususnya anak smp dan sma benci hari senin, namun ternyata masih ada hikmah dibalik hari tersebut.  Karena dari hasil survei terbaru yang ditulis tim merdeka, hari Senin adalah hari terbaik untuk mengirimkan lamaran kerja!

Berdasarkan informasi yang telah didapat, penelitian tentang lamaran kerja ini 30 persen berhasil diterima pada hari senin. Meskipun penelitian dilakukan bukan di Indonesia, melainkan di Amerika Serikat, namun cara ini tentu juga berlaku di negeri tercinta ini. Sementara hari yang paling buruk atau yang sering gagal untuk melamar kerja adalah hari Sabtu, karena hanya 14 persen saja yang masuk ke tahap selanjutnya.

Seperti yang dilansir oleh Merdeka.com, hasil dari penelitian ini ditemukan oleh Bright.com, setelah menganalisis lebih dari 500.000 resume dan lamaran yang dikirimkan oleh pelamar. Selain itu, mereka juga memperhitungkan sedikitnya 15 juta berita lowongan kerja yang ada di Amerika Serikat sejak Januari 2012. Alhasil, penelitian ini menuai hasil yang cukup signifikan dirasakan oleh para pelamar dan calon pelamar untuk mencoba mengajukan lamaran pada hari keberuntungan tersebut.

Dari hasil hitungan persen, hari selasa juga memiliki potensi yang cukup besar untuk diterima setelah hari senin, yaitu sekitar 20 persen. Seringkali para calon pekerja kurang efektif memilih hari. Mereka memilih menghambur-hamburkan hari-hari pertama minggu mereka untuk mencari lowongan kerja kemudian baru mengirim lamaran di akhir minggu. Padahal kemungkinan diterima pada hari minggu cukup kecil.

Meski begitu, penelitian ini belum mengetahui dengan jelas mengapa lamaran yang dikirim pada hari Senin lebih berpeluang diterima dibanding hari-hari lainya. Namun ada kemungkinan juga hal ini dapat terjadi disebabkan oleh lamaran yang datang lebih awal.

Lamaran yang dikirim lebih awal akan memberikan waktu bagi manajer untuk mendiskusikan kemungkinan penerimaan karyawan dengan karyawan lainnya. Sementara lamaran lain yang datang di akhir minggu lebih berkemungkinan ditolak karena singkatnya waktu yang tersisa untuk mengambil keputusan.

Jadi setelah membaca trik diatas, apa langkah Anda selanjutnya? Masihkan perlu menunggu hari libur untuk mencari lowongan kerja?
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini