7 Tips Mencegah Penyakit Musim PANCAROBA versi On The Spot

Apa itu musim pancaroba?
Musim pancaroba merupakan ketidak pastian cuaca/ sering berubah-ubah, seperti panas menyengat di siang hari lalu diakhiri hujan lebat di sore hingga malam hari.

Akibatnya, tubuh jadi rentan sakit. Terutama bagi anak-anak yang sistim kekebalan tubuhnya belum bekerja sempurna. Namun tidak berarti orang dewasa tidak bisa kena dampaknya.

Kondisi badan yang kurang fit serta kelelahan dapat memicu mudahnya terserang penyakit, lebih-lebih dimusim pancaroba.

Memasuki akhir tahun sampai beberapa bulan selanjutnya, musim pancaroba masih berlangsung. Seperti yang sedang terjadi saat ini, cuaca yang tidak bisa diprediksi kebenarannya sering kali membuat kita terjebak diterpa hujan. Padahal sesaat sebelum itu cuaca terlihat sangat cerah. Kondisi itulah yang membuat tubuh jadi rentan terserang penyakit.

Berbagai penyakit di musim pancaroba umumnya seperti, flu, gangguan saluran pernapasan, gangguan pencernaan, demam tinggi disertai batuk dan panas dalam.

Berikut 7 Tips Mengatasi Penyakit Musim Pancaroba versi OnTheSpot

1. Banyak Minum Air Putih
Air sangat penting dalam kehidupan. Untuk menjaga kondisi badan tetap fit, direkomendasikan untuk kita agar meminum sedikitnya 8 gelas sehari.

2. Konsumsi Makanan Bergizi
Makanan yang bergizi dengan nutrisi seimbang, menunjang kemampuan daya kekebalan tubuh jadi lebih kuat. Hal ini bisa mencegah datangnya virus dan berbagai penyakit dimusim pancaroba.
Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen yang dibutuhkan oleh tubuh seperti, vitamin C dan zinc.

3. Istirahat yang Cukup
Manusia butuh Istirahat, jika terlalu dipaksa maka kekebalan tubuh tidak lagi bekerja optimal. Akibatnya penyakit jadi lebih mudah datang. Semakin sedikit waktu istirahat anda, maka akan rentan sakit dan daya tubuh anda menurun.

4. Hindari Stres
Akibat dari Stres berdampak pada depresi dan menurunkan imunitas. Tekanan emosi dan padatnya jadwal kerja memudahkan seseorang kehilangan mutz dan pada akhirnya kekebalan tubuh jadi menurun.

5. Olah Raga
Tebuh perlu digerak-gerakkan agar tidak kaku. Olahraga adalah trik yang tepat, selain itu bekerja juga cara yang bagus agar keringat bisa keluar dan tubuh tidak menjadi kaku, namun juga harus diimbangi dengan istirahat yang cukup. Olahraga ringan yang patut Anda coba seperti menggerakkan bagian tubuh selama 30 menit sehari, minimal dengan berjalan kaki atau keliling kompleks sekitar rumah anda.

6. Jaga Kebersihan
Menjaga kebersihan dimulai sejak dini. Berawal dari kebersihan badan, selanjutnya menjaga lingkungan agar tidak tercemar dari kotoran seperti tumpukan sampah. Upayakan untuk selalu menjaga kebersihan tubuh anda, misalnya mencuci tangan sebelum makan dengan antiseptik atau sabun. Hal ini akan membantu anda terhindar dari virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh melalui mulut, hidung, atau kulit.

7. Pakai Pelindung Pernafasan (Masker)
Jika anda tengah berada di linngkungan berdebu dan udara kotor, atau sedang sakit, jangan lupa gunakan masker. Dengan demikian, setidaknya anda akan terhindar dari menghirup langsung udara yang sudah tercemar, baik asap rokok, asap knalpot kendaraan, asap pembakaran sampah dan lainnya.
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini