Apa Itu icl.googleusercontent.com dan Apa Akibatnya

Beberapa minggu terakhir ini saya cukup bingung dengan adanya backlink dari subdomain icl.googleusercontent.com [lihat gambar]
Pasalnya, pada bulan sebelumnya belum saya temukan backlink yang bersumber dari googleusercontent.

Seperti screenshot yang saya ambil dari blog saya yang dibuka melalui google user content yang beralamat di http://icl.googleusercontent.com/?lite_url=http://www.kangsigit.com/2014/08/watak-dan-sifat-menurut-neptu-kelahiran.html?m%3D1&ei=FjkhaMp5&lc=id-ID&s=1 [lihat gambar]

Disana saya menemukan banyak keanehan, diantaranya berubah total dari segi tampilan. Seperti gambar yang Anda lihat, semua layout tidak tertata rapi semana mestinya ketika dibuka langsung tanpa googleusercontent.

Sebelumnya saya sempat membaca postingan sobat saya di http://www.daftarcaramembuat.com/2015/05/apa-itu-iclgoogleusercontent.html [lihat gambar]

Menurutnya, blog yang dibuka melalui googleusercontent.com semua iklan tidak dapat tampil. Namun saya coba lihat blog saya, semua iklan masih bisa tampil meskipun tidak normal sebagai mana mestinya.

Ya, itu pendapatnya. Mungkin memang kebetulan belaka atau karena blog saya telah dioptimalkan dengan media screen (responsive for mobile) sehingga iklan bisa tampil. Tapi, untuk penyebab utamanya saya kurang tahu pasti.

Selain itu, saya coba mengetes aplikasi yang ada dalam blog namun rupanya tidak bekerja dengan baik. Saat saya memasukkan nama dan tanggal lahir dan klik submit disini, spontan ada notifikasi berupa alert box yang intinya mengatakan : Maaf, formulir ini memiliki masalah. Anda akan diarahkan kelaman yang asli. Isi formulir lagi.

Setelah saya klik OK, maka halaman tersebut dialihkan ke halaman utama postingan saya.

Seperti pada gambar yang saya upload tadi, atau klik disini untuk melihat halaman dari googleusercontent, disana google mengatakan "Google mendeteksi bahwa koneksi Anda lambat dan telah mengoptimalkan laman ini untuk menghemat data hingga 80%"

Setelah saya telusuri secara singkat, saya dapat mengambil kesimpulan bahwasanya blog siapapun bisa mendapat rujukan dari googleusercontent.com selagi visitor membuka laman kita dengan koneksi internet yang sangat lambat.

Dengan koneksi lambat, maka google akan memberikan pilihan apakah pengunjung ingin melihat laman yang asli atau melihat laman yang telah di transform sehingga mereka bisa melihat isi laman dengan cepat.

Selain itu, laman yang dibuka melalui googleusercontent dapat men-disable atau menon aktifkan javascript pada blog kita. Terbukti ketika saya tes pada salah satu halaman saya yang mengutamakan javascript dalam mengoperasikan aplikasi gagal.

Nah itu pendapat saya, semoga bisa dimengerti. Jika Anda punya pendapat lain atau ada argumen saya yang kurang tepat, silahkan di diskusikan.
URL

1 Tanggapan: » Lihat

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini