Apa Perbedaan Motor 4 Tak dengan Motor 2 Tak

Diera dunia serba cepat, motor adalah sarana transportasi yang paling tepat untuk kamu yang suka berpergian jarak dekat.
Selain harganya yang sangat terjangkau, motor juga tidak terlalu makan tempat. Sehingga sangat praktis untuk dibawa ketempat-tempat yang berarea sempit.

Namun Anda juga harus jeli dalam melihat kelebihan maupun kelebihan dari motor 4 tak maupun motor 2 tak. Misalnya motor jenis apa yang paling cocok digunakan untuk membawa beban berat, motor jenis apa yang tidak mudah panas ketika digunakan untuk jarak jauh dan sebagainya.

Apa perbedaan motor empat tak dan motor dua tak?
Bagi pengendara sepeda motor mungkin tidak terlalu memperhatikan dengan jenis motor yang ia kendarai tersebut. Namun saya yakin bahwa Anda pasti ingin tahu lebih mendalam dengan perbedaan keduanya. Buktinya, Anda bisa sampai di artikel yang membahas topik tersebut. Benarkan? :D

Perbedaan yang paling mencolok bisa kita lihat dari bahan pelumas yang dipakai. Untuk Motor 2 tak selalu menggunakan oli pelumas(oli samping) dan juga bensin campuran untuk bahan bakar yang digunakan. Sedangkan untuk motor 4 tak tidak memerlukan bahan tersebut.

Saya akan coba menjelaskan perbedaannya mulai dari sistim kerja/ cara kerjanya terlebih dahulu.

Cara Kerja Mesin Motor 2 Tak

Untuk mendapatkan 1 kali tenaga hasil pembakaran gas, diperlukan 2x gerakan piston naik dan turun, dengan sekali putar poros engkol.
Berikut penjelasan singkat pergerakan Piston.
+ TAK 1 = Proses masuknya gas, pemampatan dan pembakaran gas (piston bergerak dari TMB menuju TMA)
+ TAK 2 = Proses kerja, kompresi karter, buang dan cuci/bilas (piston bergerak ke bawah, TMA menuju TMB)

Cara Kerja Mesin Motor 4 Tak

Untuk mendapatkan 1 kali tenaga hasil pembakaran gas, diperlukan 4x gerakan piston naik dan turun dengan 2 kali putaran poros engkol.
Berikut penjelasan singkat pergerakan Piston.
- TAK 1 : Gerak isap (piston bergerak dari TMA menuju TMB)
- TAK 2 : Gerak kompresi/pemampatan (piston bergerak dari TMB menuju TMA)
- TAK 3 : Gerak tenaga (piston bergerak dari TMA menuju TMB)
- TAK 4 : Gerak Buang sisa pembakaran (piston bergerak dari TMB menuju TMA)

Jenis Bahan Bakar yang Digunakan dan Konstruksi Silinder Motor 2 Tak

Bahan bakar motor 2 tak biasanya berisi campuran bensin dengan oli, baik secara langsung (langsung di masukkan ke dalam tangki bensin atau-pun dengan cara terpisah (ada tempat oli samping)

Katup pada Motor 2 tak biasanya tidak ada. Sebagai pengganti katup, maka dibuatlah red valve untuk mengatur masuknya gas ke dalam ruangan cylinder.

Pada bagian mesin, khususnya pada setiap piston hanya mempunyai 2 buah ring yaitu ring compressi I dan ring compressi II.

Jenis Bahan Bakar yang Digunakan dan Konstruksi Silinder Motor 4 Tak

Bahan bakar mesin motor 4 tak menggunakan bensin murni/pertamax murni (tidak dicampur seperti motor 2 tak)
Itulah sebabnya mengapa mesin motor 4 tak lebih mudah macet ketika tanpa sengaja di isi dengan bensin campuran.

Pada bagian setiap cylindernya, umumnya memiliki 2 sampai 4 buah katup dan memiliki 1 macam compressi yaitu compressi cylinder.

Piston motor 4 tak memiliki 3 buah ring diantaranya yaitu: ring compressi I, ring compressi II dan ring oli. Keberadaan ketiga ring tersebut berguna sebagai pelumasan piston.

Kelebihan dan Kekurangan Motor 2 tak

1. Keuntungan
Keuntungan kita jika berkendara menggunakan mesin 2 tak terdapat pada proses pembakarannya, yaitu terjadi setiap putaran poros engkol. Sehingga putaran poros engkol menjadi lebih halus dan lebih rata.

Keuntungan lainya terdapat pada minimnya jumlah komponen, salah satunya adalah tidak diperlukannya katup, sehingga perawatan menjadi lebih mudah dibandingkan dengan mesin motor 4 tak. Selain itu, spartpart kalau ada yang rusak biayanya relatif lebih murah.

Biasanya power Motor 2 tak menghasilkan tenaga yang lebih besar di bandingkan motor 4 tak meskipun dengan kapasitas mesin motor yang sama sekalipun.

2. Kerugian /Kelemahan
Untuk mengoper gigi 1 ke gigi 2 biasanya jarak napasnya lebih pendek, sehingga tekanan gas buang lebih tinggi.
Adanya lubang-lubang pada silinder, menghasilkan gesekan antara ring piston dengan lubang. Akibatnya; ring piston menjadi lebih cepat aus.
Tarikan gas pada stang relatif lebih sedikit, sehingga sedikit puntir menghasilkan gerakan yang cepat. Ini dapat mengagetkan pengendara yang baru jajal mesin motor 2 tak.
Putaran rendah sulit diperoleh
Mesin motor 2 tak cenderung berasap sehingga tidak ramah lingkungan.

Kelebihan dan kekurangan Yang terdapat pada Motor 4 Tak

1. Kelebihan
Pada proses pemasukan, kompresi, kerja, dan buang prosesnya biasanya berdiri sendiri-sendiri sehingga kinerja mesin motor akan lebih efisien dan stabil, dan jarak putaran dari rendah ke tinggi menjadi lebih lebar (500- 10000 rpm).

Lebih Hemat. Bahan bakar yang digunakan juga relatif lebih sedikit, itu terjadi karena tekanan balik lebih kecil dibanding mesin 2 tak.
Putaran rendah lebih baik dan panas mesin mudah dikendalikan oleh sirkulasi oli sehingga mesin tidak mudah panas.

2. Kerugian
Pada bagian konstruksinya, khususnya untuk komponen dan mekanisme gerak katup lebih kompleks, yang mengakibatkan sulitnya perawatan mesin 4 tak.

Suara mekanis lebih gaduh/bising.
Langkah kerja terjadi dengan 2 putaran poros engkol, sehingga keseimbangan putar menjadi tidak stabil. Untuk itu, diperlukan jumlah silinder lebih dari satu sebagai peredam getaran.

Akhirnya..
Dari beberapa perbedaan diatas, kini Anda tahu jenis motor mana yang paling cocok untuk Anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan bisa dijadikan referensi pencarian sepeda motor terbaik untuk Anda.
Source: http://www.modifikasi.co.id/83/ini-dia-perbedaan-motor-4-tak-dan-motor-2-tak-yang-wajib-kamu-ketahui/
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini