Cara Mengatasi Menu Tata Letak Blogger Acak Acakan

Adakalanya kita tidak puas dengan hasil karya si-pembuat template. Sekiranya ada sesuatu yang kurang enak dipandang maka otomatis tangan kita akan bergerak melakukan perubahan segera.

Namun kenyataannya untuk melakukan itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Lebih-lebih jika ilmu kita masih jauh untuk menangani masalah ini.

Itulah salah satu alasan mengapa banyak blogger yang selalu menyarankan Anda untuk menyalin template secara berkala (sebaiknya disalin sebelum melakukan pengeditan)

Karena yang namanya CSS itu sangat berpengaruh terhadap objek, salah penulisan satu huruf saja bisa merusak tampilan template blog.

Lantas adakah hubungan Antara CSS Template dengan Tata Letak
Kalau ditanya hubungan sudah pasti ada. Namun jika kita fikirkan sejenak, menu Tata Letak itukan dibuat oleh pemilik blogger.com, lantas mengapa bisa berubah seiring diubahnya properti template?

Jelas. Jika kita coba melakukan inspect element pada halaman Tata Letak, maka kita akan menemukan HTML Iframe dibagian tersebut.

Sebagai gambaran seperti ini:
Google mengambil Iframe dari isi template blog saya yang didalamnya tidak ada CSS style bersangkutan, maka otomatis yang akan ditampilkan pada Layout/ Tata-letak juga akan kacau.

Pada Iframe tersebut terdapat HTML body#layout sebagai tubuh utama tampilan.
<body id="layout">
Jadi logikanya Iframe tersebut akan mengambil dan memanggil CSS yang menggunakan body#layout misalnya body#layout .content-wrapper{isi CSS}

Nah yang perlu Anda perhatikan adalah bagaimana kondisi HTML template Anda. Karena perancang template itu ada banyak dan mereka memiliki gaya tersendiri. Alhasil kode-kode yang digunakan juga bervariasi.

Sebagai contoh:
Si A menggunakan <div id="sidebar-wrapper"> sedangkan
Si B menggunakan <div id="sidebar-wrapper2">
Yang diatas itu hanyalah gambaran saja.

Lantas, apa pengaruhnya jika Rusaknya menu Tata Letak tidak segera diperbarui?

Kalau ditanya soal pengaruh sudah jelas ada dibagian kenyamanan dalam membuat widget baru ataupun mengedit widget.
Untuk masalah Error saya rasa tidak akan terbawa sampai ke halaman posting blog dan juga seluruh tampilan pada situs.

Alasan saya cukup sederhana.
Blogger mengandalkan CSS dalam template untuk menampilkan Tata Letak, jadi logisnya itu tidak akan berpengaruh ataupun berdampak pada laman blog kita.
Hanya dugaan saja, jika ini salah silahkan dikritik.

Nah untuk mengatasinya tidak bisa sama dengan yang ada pada blog orang lain.
Mengapa demikian?
Seperti yang telah saya katakan diatas tadi bahwa komponen setiap template tidak akan sama persis. Itulah tugas Anda yang pertama sebelum melakukan perbaikan pada Tata Letak.

Namun jika kekacauan itu hanya terdapat pada banyaknya bulat bulat memanjang kebawah seperti HTML checkbox, itu berarti Anda telah memasukkan HTML code berisi <ul><li>a, b, c</li></ul> kedalam bagian template yang tidak semestinya, sehingga itu akan muncul juga dimenu Tata Letak.

Meskipun itu tidak berpengaruh pada tampilan di Blog, sebaiknya diperbaiki agar tidak mengganggu pemandangan saat membuka menu Tata-letak blog. Karena jika terlalu banyak yang seperti itu memanjang kebawah pasti akan memperlambat aktifitas kita karena dipaksa untuk menggulir halaman kebagian yang lebih jauh lagi.

Coba Anda perhatikan screenshot Tata Letak Blog saya yang masih kacau tampilannya

Pada gambar diatas terdapat banyak sekali html UL dan LI yang terseret kebagian Tata letak. Sangat mengganggu pemandangan bukan?

Untuk mengatasinya, saya hanya menambahkan CSS sederhana ini:
body#layout ul {display: none}
body#layout select {display: none
Hasilnya bisa Anda lihat pada screnshoot dibawah:
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini