WASPADA www.program-bri.weebly.com Penipuan Berkedok Hadiah Program BRI

Beberapa saat yang lalu saat sedang asyik dengerin musik di hp ada sms masuk. Tulilit tulilit tulilit, pas dibuka eh ada sesuatu yang mengejutkan.

Begini isi SMSnya:
Nasabah BRI Yth: Rekening Anda Mendapatkan Hadiah dari UNTUNG BELIUNG BRITAMA No tripel (02599875) Info klik: www.program-bri.weebly.com
Sesaat setelah membaca sms saya tidak menggubris karena saya tahu bahwa situs resmi Bank BRI adalah di https://bri.co.id bukannya di www.program-bri.weebly.com

Jadi sudah jelas bahwa program tersebut bukanlah program sungguhan dan pasti palsu. Namun meskipun begitu, saya tidak ingin tinggal diam (dalam arti membiarkan kejahatan meraja lela) lebih-lebih sekarangkan sedang berada dibulan ramadhan, segala sesuatu yang kita lakukan akan dilipat gandakan.

Nah untuk itu saya akan coba menjelaskan kepada Anda yang mungkin masih penasaran bagaimana saya menyimpulkan bahwa situs yang beralamat di www.program-bri.weebly.com itu adalah penipuan/ hoax?

Jika Anda adalah seorang blogger/ yang sekiranya pernah berkecimpung di dunia ngeblog pasti sudah mengenal apa itu domain dan apa itu subdomain serta apa fungsi https:// (bukan http://) serta yang lainya.

Sebelumnya saya juga pernah sekali mendapat sms dari weebly.com ini tapi udah lama dan waktu itu ilmu saya masih cetek soal internet jadi saya tidak mempostingnya ke blog.

Nah untuk itu guna mengurangi aksi tipu-tipu oleh oknum tertentu ada baiknya kita bongkar kasus-kasus penipuan yang mengatas namakan perusahaan tertentu.

TRIK CERDAS MENCEGAH PENIPUAN

Ketika Anda mendapat sms/ telp/ email maka Anda biasanya akan diminta untuk membuka situsnya.
Saya contohkan disini adalah www.program-bri.weebly.com

Tahukah Anda?
Alamat situs ini weebly.com merupakan domain utama (halaman rumah/ homepage) dan situs tersebut merupakan perusahaan yang menawarkan kepada umum untuk membuat website secara gratis. Weebly.com ini cara kerjanya hampir sama dengan blogspot.com wordpress.com dan situs-situs penyedia hosting gratis lainya.

Sampai saat ini setidaknya ada 2 situs gratisan yang memanfaatkan Weebly untuk mencoba melakukan penipuan kebanyak orang, diantaranya:
  • http://program-bri.weebly.com
  • http://hadiah-2014.weebly.com
Sebelum terhipnotis dan akhirnya terlena untuk menuruti permintaan pihak penipu, sebaiknya lakukan beberapa tips berikut ini:
  1. Jika ada alamat situs yang diberikan, selidiki dahulu situs tersebut apakah memang itu adalah situs resmi atau bukan. Anda bisa melihatnya di mesin pencarian Google maupun Yahoo.
  2. Bilamana sebelumnya telah ada korban ataupun sesuatu yang mencurigakan, biasanya mereka akan menerbitkan atau memberi peringatan kepada yang lainya agar berhati-hati seperti halnya dengan apa yang saya tulis dihalaman ini.
  3. Bila Anda penasaran dengan pemilik sebenarnya dari situs tersebut, Anda bisa melihatnya di WHOIS (http://who.is/whois/www.program-bri.weebly.com). Namun sayangnya whois hanya menampilkan informasi untuk Domain utama yaitu Weebly.com jadi untuk alamat lengkapnya di www.program-bri.weebly.com tidak bisa dicek di whois.

Saya masih penasaran dengan tampilan situs tersebut, lalu saya buka situs yang beralamat di program-bri.weebly.com dan menurut analisa saya sepertinya mereka bukanlah dari golongan biasa (dalam arti punya alat untuk mengumpulkan informasi nomor HP di BRI)

Mengapa demikian? karena sudah dua kali saya mendapat SMS penipuan berkedok BRI ke nomor yang sama dan yang membuat saya makin heran adalah mengapa hadiahnya hanya dari BRI, sepertinya mereka tahu kalau nomor saya ini telah saya daftarkan jadi mitra BRI.

Pertanyaan yang sederhana namun menggelitik "BAGAIMANA OKNUM MENGUMPULKAN NOMOR YANG VALID DARI BANK BRI..?"
Saya sempat mengintip situs www.program-bri.weebly.com tersebut dan saya melihat disa TIGA pemenang dengan PIN yang berbeda-beda tentunya.

Yang dua sudah diambil dan yang satu belum yaitu milik saya dengan PIN 02599875
Cukup pintar menurut saya bahwa dia menerapkan SMS kebanyak nomor dengan ISI yang sama (termasuk PIN)

Karena disitus tersebut tidak tertulis nama dan no rekening untuk calon pemenang, Bila korban terlena dia akan berfikiran bahwa itu adalah asli karena PIN yang tertera pada situs sama persis dengan PIN yang diberikan lewat sms tersebut. Padahal PIN tersebut juga dikirimkan untuk orang lain.
Bila Anda benci kejahatan, silahkan tulis aspirasi Anda dikomentar bebas tapi sopan.
Artikel ini banyak mengalami pengeditan karena kesalah pahaman Antara penulis kepada situs Weebly. Dengan sangat rendah hati penulis meminta maaf kepada perusahaan Weebly.

Terakhir diperbarui pada: 1 Agustus 2015
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini