10 Jenis Makanan Berbahaya untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Melalui artikel ini, akan kami tunjukkan kumpulan makanan yang cukup berbahaya apabila dikonsumsi ibu yang sedang mengandung bayi karena dipercaya dapat memicu gugurnya janin dalam kandungan. Untuk menghindari dampak buruk bagi ibu hamil dan janin, sebaiknya jangan di konsumsi. Resiko ini berlaku pada trimester pertama (hamil muda) dan juga trimester akhir (hamil tua).

1. Makanan Berkafein
Semua jenis makanan berkafein tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Beberapa jenis makanan ini diantaranya : kopi hitam, kopi mix, teh dalam jumlah banyak dan masih banyak yang lainya.
Efek dari makanan berkafein dapat meningkatkan detak jantung bagi ibu hamil dan janin didalam kandungan.

2. Rokok dan Alkohol
Sebenarnya, rokok tidak hanya berbahaya bagi ibu hamil saja, namun dampak buruk yang luar biasa akan dialami oleh ibu yang sedang mengandung jika sampai menghisap asap rokok berkelanjutan. Rokok dapat menimbulkan banyak gangguan dalam kehamilan, begitu juga akibat apabila mengkonsumsi alkohol berlebihan.
Menurut informasi yang dilansir carasehat*net, "jika ibu hamil tetap mengkonsumsi alkohol maka besar kemungkinan anak yang dilahirkan akan mengalami kecatatan fisik atau kecatatan mental."

3. Sayuran Mentah
Sayuran mentah juga masuk pada daftar makanan yang dilarang untuk wanita hamil. Makanan mentah yang dimaksud disini adalah lalapan dan karedok. Sebenarnya beberapa makanan mentah justru mengandung banyak vitamin yang baik untuk kesehatan namun bagi ibu hamil harus lebih ekstra menjaga kebersihan saat pencucian karena dikhawatirkan masih meninggalkan pestisida.

4. Buah Pepaya Muda
Menurut mitos, buah pepaya muda dipercaya dapat meningkatkan kontraksi dinding rahim yang tidak baik untuk perkembangan bayi dan janin.

5. Buah Nanas
Sudah bukan rahasia lagi bahwa mengkonsumsi buah nanas dapat berakibat fatal, yakni menggugurkan kandungan. Untuk itu, jika masih berniat ingin memiliki anak, sebaiknya hindari untuk sementara waktu buah tersebut.

6. Makanan Seafood
Lagi-lagi mitos, banyak orang percaya jika terlalu banyak mengkonsumsi masakan seafood dapat meningkatkan kadar merkuri yang berbahaya bagi tubuh.

7. Telur Mentah dan Setengah Matang
Ada dua pendapat yang bertentangan mengenai kegunaan telur mentah dan setengah matang bagi ibu hamil. Menurut cerita orang terdahulu, mitos mengenai kegunaan menelan telur mentah saat hamil tua dipercaya dapat meningkatkan stamina tubuh saat nanti melahirkan. Namun ternyata secara medis hal tersebut tidak benar dan tidak dianjurkan. Alasannya adalah dikhawatirkan bisa terjangkit bakteri salmonela yang ada di dalam telur mentah dan setengah matang tersebut.

8. Beberapa Jenis Ikan
Beberapa jenis ikan yang kurang baik dikonsumsi saat hamil adalah : ikan hiu, ikan todak, ikan tuna, dan ikan marlin. Jenis ikan air yang disarankan adalah ikan tawar atau ikan pada umumnya hidup di sungai dan bendungan, seperti mujahir, gabus, nila, dan masih banyak lagi yang lainnya.

9. Keju Susu Kambing / Keju Lunak

10. Aneka Jenis Kerang
Anda sebaiknya mengindari makanan jenis kerang karena bisa menimbulkan keracunan janin. Namun Anda masih bisa mengkonsumsi udang, kepiting, rajungan, tiram dan beberapa makanan laut lainya sebagai penggantinya.
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini