Cara Menambah Kotak Widget Tampil di Tata Letak Blogger

Sempat bingung saya ingin memberi judul apa pada artikel satu ini, sebab pada intinya saya ingin menjukkan bagaimana cara memasang atau membuat widget tertentu juga terlihat di menu tata letak blogspot.

Misalnya Anda memiliki footer dengan tiga kolom bawaan dari template, kemudian Anda ingin membuat satu kolom penuh tepat diatas footer, maka Anda perlu menambahkan <b:section class='footer' id='WidgetContoh' preferred='yes'/>  tepat di atas <div id='footer'>

Gambaran tersebut hanya jika Anda ingin menambahkan widget berada di atas footer. Anda juga dapat menempatkan pada posisi yang lain sesuai kebutuhan.

Untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas, silahkan lihat screnshoot dibawah.

Gambar 1 : Sebelum menambahkan widget
gambar tata letak 1

Gambar 2 : Setelah menambahkan widget
gambar tata letak 2

Pada kedua foto diatas jelas terlihat perbedaannya. Pada gambar 1 tidak ada kolom untuk membuat widget baru di tata letak, sedangkan pada gambar kedua sudah ada.

Nah, lalu bagaimana cara meletakkan kode-kode yang akan kita tampilkan pada blog.? Apakah bisa kita memasangnya melalui edit template?
Tidak bisa. Untuk memasukkan kode seperti script maupun css kedalamnya harus melalui tata letak seperti yang biasa Anda lakukan sebelumnya.

Jadi kesimpulannya, trik ini bukan lain hanyalah tentang membuat layout baru pada tata letak. Karena para blogger pada umumnya hanya memanfaatkan layout yang ada hasil dari perancang template. Jika tidak dari sana maka akan memasukkannya langsung pada template.

Perhatikan bagian id='WidgetContoh'
Nama ID tersebut akan terlihat juga pada halaman tata letak dashboard blogger Anda.
Selamat mencoba semoga bermanfaat.
URL

2 Tanggapan » Lihat

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini