Contoh Paragraf Campuran Singkat yang Baik dan Benar

logo paragraf campuran

Definisi Paragraf Campuran
Paragraf campuran adalah sebuah paragraf yang gagasan utamanya terletak pada kalimat pertama dan kalimat terakhir.

Kalimat terakhir umumnya mengulangi gagasan yang dinyatakan kalimat pertama dengan sedikit tekanan dan variasi.

Dengan kata lain, paragraf campuran juga dapat diartikan dengan paragraf yang kalimat utama atau gagasan utamanya terletak di awal dan akhir paragraf.

"Tidak ada perbedaan yang menonjol antara Paragraf campuran dengan paragraf campuran singkat. Salah satunya yang mejadi pembeda adalah jumlah kata atau kalimatnya yang tentu akan lebih sedikit pada paragraf campuran singkat."

Ciri-ciri paragraf campuran.
  • Gagasan utama/ ide pokok terletak pada awal paragraf dan akhir paragraf
  • Kalimat penjelas terdapat pada bagian tengah paragraf

Perbedaan Paragraf Deduktif, Induktif dan Campuran
Sebenarnya pada artikel ini kami ingin menjelaskan contoh-contoh paragraf campuran, akan tetapi karena ada keterkaitan yang cukup kuat antara paragraf deduktif dan paragraf induktif maka tidak ada salahnya saya perjelas juga dengan perbedaan ketiganya.

Paragraf deduktif adalah paragraf yang ide pokok atau kalimat utamanya terletak di awal paragraf dan selanjutnya di ikuti oleh kalimat kalimat penjelas untuk mendukung kalimat utama.
Paragraf induktif adalah paragraf yang diawali kalimat penjelas kemudian diikuti oleh kalimat utama atau gagasan utama.

Untuk pengertian paragraf campuran telah kami jelaskan diawal tadi dan kini kita akan lihat kumpulan beberapa contoh Paragraf Campuran.

Contoh 1
Facebook adalah tempat curhat online para facebooker. Hampir setiap detik selalu ada saja yang menceritakan kesedihannya disitus media sosial ini. Mengungkapkan perasaannya terhadap sesuatu, bahkan ada pula yang menuliskan kronologis kejadian yang menimpa dirinya dengan terstruktur.

Melalui statusnya, para teman atau kerabat akan mulai singgah memberi like dan komentar yang berisi saran. Kecepatan dan kemudahan inilah yang membuat Facebook dirasa sebagai tempat curhat online yang paling tepat.

Contoh 2
Para petani sawit terancam stress setelah harga buah kelapa sawit menurun drastis. Bagaimana tidak, yang tadinya harga perkilo dibandrol Rp 2.000,- kini rata-rata sudah mencapai angka sekitar 400 rupiah per kilonya.

Padahal kebanyakan mereka hanya mengandalkan penghasilan dari satu sumber saja, yaitu bertani sawit. Ada juga yang berani meminjam uang dengan jumlah besar di Bank dan tempat lainya dan setelah harga menurun seperti ini, dengan apa mereka akan melunasi hutang-hutangnya.

Akibat dari anjloknya harga sawit secara besar-besaran, banyak pula dari mereka yang terpaksa menjual lahan pertanian miliknya untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari, dan setelah uang tersebut habis, maka tidak ada lagi lapangan kerja untuknya dan potensi keterpurukan para petani kelapa sawit akan semakin meningkat.
URL

1 Tanggapan: » Lihat

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini