Inilah Akibat Kurang Tidur Bagi Kesehatan

Tidur merupakan hak semua manusia, dengan adanya tidur maka bagian tubuh dapat istirahat dan tentu efeknya sangat baik untuk kesehatan.

Seseorang yang susah tidur dimalam hari biasanya disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah: faktor kebiasaan, keterpaksaan, tanggung jawab dan lain sebagainya, sehingga akan mengalami Insomnia.

Menurut para ahli dan orang tua kami, meskipun jatah tidur malam telah digantikan dengan tidur di siang hari, tetap saja itu tidak memperbaik keadaan.

Jika Anda tergolong pada kelompok Insomnia (susah tidur), sebaiknya belajar untuk mengurangi begadang dengan cara berhenti makan cemilan malam hari, berhenti minum kopi jika Anda sering melakukan itu dan segala aktifitas yang dapat menimbulkan mata susah mejam.

Berikut 5 dampak buruk jika jarang tidur malam hari

Hilang Fokus
Jika anda bekerja di tempat yang membutuhkan konsentrasi penuh, sopir taksi misalnya, maka Anda harus mempertimbangkan untuk mengurangi jatah lembur dimalam hari dan fokus bekerja hanya disiang hari. Karena akibat dari kurang tidur dapat membuat konsentrasi Anda menjadi kacau.

Sering Mengantuk
Seperti halnya siswa-siswi yang harus berangkat sekolah pagi-pagi, jangan terlalu sering bermain game online dimalam hari, karena itu akan membuat Anda kecanduan main game begadang sampai pagi. Akibatnya Anda akan sering mengantuk di sekolahan dan efeknya tidak baik untuk generasi muda.

Kesehatan Tubuh Terancam
Berbagai penyakit akan lebih mudah menyerang tubuh seseorang yang kurang tidur. Kondisi tubuh menjadi melemah karena terlalu capek bekerja siang malam. Untuk itu, perlu adanya pembagian waktu agar terhindar dari segala penyakit yang membahayakan. Penyakit umum yang diakibatkan oleh kurang tidur adalah: sakit jantung, darah tinggi, stroke dan diabetes.

Stres Meningkat
Akibat kurang tidur yang lain yaitu anda akan sering mengalami stress, susah kontrol emosi, mudah terpancing amarahnya, sering murung di sela waktu aktivitas anda sehari-hari.

Penuaan Kulit Meningkat
Akibat kurang istirahat, kulit menjadi terlihat lebih kusam, pucat dan tidak fresh serta potensi keriput menjadi lebih cepat. Selain itu, mata Anda juga akan terlihat bengkak.

Berapa jam jatah tidur malam yang paling bagus?
Untuk tidur malam 8 jam sudah cukup, dimulai pukul 11 sampai pukul 4 untuk shalat subuh, jika masih mengantuk, tidur lagi sampai jam 7 atau lebih sedikit.

Faktanya, susah memulai kebiasaan baru ini untuk mereka yang terlanjur Insomnia namun tidak ada kata terlambat untuk mencoba kebiasaan yang baru. Apalagi ini untuk merubah hidup menjadi lebih baik.
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini