Penyebab dan Cara Mengatasi Modem Tidak Bisa Connect

Halo pengunjung, tanpa saya tanya tentu Anda sudah mengerti tentang apa itu modem.
Saat masih baru biasanya modem tidak bermasalah untuk digunakan berselancar di internet. Namun seiring berjalannya waktu, ada-kalanya modem kita jadi bermasalah.
Misalnya selalu gagal "failed to connect" saat tombol connect di klik. Namun terkadang letak error-nya bukan gagal ketika hendak di sambungkan, tetapi tidak ada signal setelah modem berhasil di connect. Akibatnya modem tetap tidak bisa kita gunakan meski sudah tersambung ke internet.

Seperti yang baru-baru ini saya alami. komputer masih saja tidak bisa dihubungkan ke internet padahal modem sudah berhasil di connect.

Apa kira-kira penyebabnya?
Ada banyak sih penyebabnya, namun yang paling sering terjadi adalah ter-infeksinya PC oleh virus jahat yang secara diam-diam menyelinap dalam laptop/ notebook dan sejenisnya. Lambat laun jika tidak segera dibersihkan akan berkembang biak dan dapat menyerang beberapa aplikasi kita secara membabi buta.

Virus-virus ini kebanyakan datang dari sambungan tidak aman. Adajuga oknum tertentu yang sengaja memasukkan virus kedalam sebuah aplikasi/ game/ zip dan lainya yang diharapkan mampu merusak sistem komputer.

Dampaknya tentu akan semakin laris pula software Anti Virus yang ada dimuka bumi ini.

Namun terkadang anti virus gratisan/ free kurang begitu efektif mendeteksi virus. Seperti yang telah saya install saat ini. Saya coba download Anti Virus gratisan produk indonesia namun buktinya virus masih bisa hidup dengan tenang didalam mesin komputer saya.

Selain ter-infeksinya virus, terkadang penyebab modem tidak mau konek diakibatkan oleh rusaknya sistem penyimpanan (drive).

Biasanya eroor pada drive diakibatkan oleh ketidak stabilnya listrik yang sering mati atau arus berkurang.
Sehingga jika komputer sedang bekerja namun tiba-tiba gara-gara PLN/ Diesel mati maka akan terjadi kekacauan yang apabila dibiarkan lama kelamaan akan berdampak pada aplikasi dan hardware tertentu. Bukan lain dan tidak bukan yaitu modem.

Nah solusi dari saya sebaiknya Anda coba install Anti virus lalu Scan/ bersihkan menggunakan anti virus tersebut agar komputer Anda menjadi lebih tahan lama masa umurnya.

Tanda-tanda komputer terserang virus juga ditandai dengan melambatnya loading saat membuka file, folder dan aplikasi meskipun itu tidak membutuhkan koneksi internet, biasanya akan muncul peringatan Not Responding.

Namun untuk langkah sederhana saya sarankan kepada Anda untuk melakukan fix file system error dan melakukan scan pada attemp recorvery bad sectors.

Apa keuntungan melakukan Scan yang ini? Tentu saja tidak perlu repot-repot melakukan download. Sebab menu Scan tersebut sudah tersedia secara default pada komputer Anda.

Berikut cara memperbaikinya:

  • Klik START > Komputer
Akan tampil drive pada komputer Anda seperti gambar dibawah
Terkadang ada tiga buah drive, tergantung berapa yang ditambahkan pada saat penginstalan pertama saat Anda membeli komputer tersebut.
  • Pada contoh gambar diatas hanya ada dua buah drive, lalu pilih drive yang digunakan untuk menyimpan data pribadi Anda, misalnya untuk menyimpan video, musik dan sebagainya, yang jelas bukan drive yang didalamnya berisi program file.
  • Klik kanan pada drive tersebut dan pilih Properties yang posisinya berada dibagian terbawah. Lihat gambar diatas untuk melihat petunjuk secara jelas.
  • Pilih menu Tools dan klik Check now
  • Beri centang semua dua checkbok tersebut.
  • Langkah selanjutnya klik Start
Setelah itu proses pengecekan serta scanner sedang berlangsung.
Jangan tutup atau mengentikan saat sedang dalam proses.
Biasanya waktu yang dibutuhkan sekitar 15 sampai 20 menit. Bahkan jika kondisi komputer Anda sedang dalam kondisi tidak bagus/ banyak sistem yang error bisa memakan waktu yang lebih lama dari perkiraan itu.

Biar prosesnya menjadi lebih cepat, sebaiknya jangan digunakan dulu komputer Anda saat proses tersebut berlangsung.
  • Setelah selesai 100% silahkan klik OK dan matikan komputer Anda.
  • Langkah terakhir, silahkan hidupkan kembali komputer Anda.
Namun jangan kaget karena nanti tampilan saat pertama kali dihidupkan akan berbeda dengan tampilan yang sebelumnya.
Akan muncul proses pembenahan sedang berlangsung dengan background warna hitam dan teks yang selalu bergerak.
Kalau untuk komputer saya ada lima step sebelum komputer benar-benar bisa digunakan.

Untuk langkah terakhir ini juga dibutuhkan kesabaran, karena Anda harus menunggu sampai proses tersebut selesai semuanya. Biasanya waktu yang dibutuhkan hampir sama ketika melakukan Scan sebelum komputer dimatikan tadi.

Jadi untuk menerapkan trik ini sebaiknya sediakan waktu kusus agar tidak mengganggu aktifitas Anda.

Setelah proses selesai silahkan hidupkan modem Anda dan seharusnya jika permasalahan ada pada drive yang tidak beraturan seperti yang terjadi pada komputer saya dulu maka modem sudah bisa digunakan dengan normal.

TIPS

Sebaiknya dalam melakukan scan seperti diatas dilakukan secara rutin setiap sebulan sekali atau 2 bulan sekali.
Lebih-lebih jika komputer Anda terlalu sering mengalami putus arus yang tidak wajar, misalnya mati lampu dan sebagainya.

Terimakasih telah membaca tips ini semoga bermanfaat.
"Pengunjung yang baik tidak akan lupa memberikan komentar berupa saran atau pertanyaan."

UPDATE
10 Agustus 2015
Maaf, pada artikel ini ada sedikit kesalahan, silahkan baca informasi berikut ini untuk menindak lanjuti.

Jika Anda melakukan scan bukan pada disk C atau tempat penyimpanan data penting seperti didalamnya Program File, maka ketika komputer Anda di restart/ dimuat ulang, maka tidak akan ada pen-scanan.

Jadi disarankan untuk melakukan scan juga pada disk C. Terimakasih atas perhatiannya.
URL

1 Tanggapan: » Lihat

This comment has been removed by a blog administrator.

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini