Inilah Alasannya Mengapa Blogspot.com DiAlihkan ke co.id

Beberapa hari terakhir ini blogger melakukan redirect/pengalihan domain top dari blogspot.com menjadi blogspot.co.id Sehingga bagi siapapun yang mengandalkan platform blogger dengan domain gratisan yaitu blogspot, pasti kena imbasnya.

Belum ada penjelasan langsung yang saya baca dari tim Blogger mengenai perubahan ini, entah saya yang ketinggalan informasi atau memang belum diumumkan secara terbuka oleh Google.

Namun, masih ada solusi jika Anda ingin mempertahankan blogspot.com, Anda cukup menambahkan sedikit javascript pada template dan blogspot Anda tidak akan dialihkan ke blogspot.co.id

Apa itu 'dot-com'(.com) dan apa itu 'dot-co-dot-id'(co.id)

COM Singkatan dari Commercial (komersial, bisnis)
Domain ini dapat digunakan untuk keperluan apa saja, misalnya untuk nama seseorang, produk, lembaga, dan sebagainya. Tidak ada larangan dan batasan untuk dapat menggunakan domain ini karena dapat didaftarkan tanpa persyaratan khusus.

Sedangkan untuk domain co.id Singkatan dari Company Indonesia adalah tipe lokal Negara Indonesia, yang telah diakui dunia. Untuk mendapatkan co.id tidak semudah membuat domain dot com yang langsung jadi setelah pembayaran, perlu juga mencantumkan nama perusahaan resmi sebagai wakil di Internet.

Karena penasaran apakah pengalihan ini terjadi diseluruh dunia atau mungkin hanya ditujukan untuk bangsa Indonesia saja, akhirnya saya cari tahu kebenarannya dengan cara membuka beberapa blog luar negeri yang masih blogspot tentunya dan ternyata blog mereka juga telah di redirect ke blogspot.co.id

Lantas, Apa dampak dari pengalihan domain dari blogger ini

Bagi yang menggunakan domain bawaan blogger (blogspot) mengalami banyak dampak, seperti:
  1. Top domainnya berubah menjadi .co.id
  2. Data seperti Alexa, Page rank, Backlink, PA dan DA akan hilang pada domain baru ini.
  3. Seperti halnya ketika blog Anda yang tadinya blogspot kemudian dialihkan ke custom domain, tentu akan mengalami perubahan yang memburuk bukan? Tetapi tenang, itu hanya sementara kok, karena akan terpindahkan dengan proses redirect yang dilakukan pihak blogger.
  4. Namun selain dampak buruk, masih ada dampak baiknya juga nih, yaitu dengan menjadi domain co.id berarti blog Anda menjadi sangat baik untuk bersaing menggunakan bahasa Indonesia

Bagi yang menggunakan domain sendiri (custom domain)
  1. Tidak berpengaruh
  2. Bisa menyalip posisi atas search Google, tapi untuk sementara waktu saja.

Itulah penjelasan mengenai perpindahan blogspot.com ke blogspot.co.id dan jika ingin mempertahankan blogspot.com, silahkan ikuti petunjuk ini.

Baca : Cara Mengatasi Blogspot.com Agar Tidak DiAlihkan ke co.id
URL

2 Tanggapan » Lihat

Mau tau cara mengatasinya..?

Silahkan pakai tautan ini sob
http://www.kangsigit.com/2015/09/Mengatasi-Blogspot-com-yang-Diredirect-ke-co-id.html

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini