Biografi Mark Zuckerberg si Pendiri Facebook


  • Nama lengkap: Mark Elliot Zuckerberg
  • Tanggal Lahir: 14 Mei 1984
  • Umur: 31th
  • Tempat Lahir: White Plains, New York
  • Pernah kuliah di: Universitas Harvard
  • Jumlah saudara: 3 (semuanya perempuan), Randi, Donna, dan Arielle
  • Pekerjaan: Pemrogram komputer dan pengusaha Internet

Asmara: 

Pada sebuah pesta yang diadakan persaudaraannya pada tahun kedua di universitas, Zuckerberg bertemu Priscilla Chan, seorang mahasiswa Cina-Amerika asal pinggiran kota Boston (Braintree, Massachusetts), dan mereka terus berkencan, sempat putus sebentar, sejak 2003.

Pada September 2010, Zuckerberg mengundang Chan yang sudah menjadi mahasiswi kedokteran di Universitas California, San Francisco, untuk pindah ke rumah sewaannya di Palo Alto. Zuckerberg mempelajari bahasa Tionghoa Mandarin setiap hari sebagai persiapan kunjungan keduanya ke Tiongkok pada bulan Desember 2010.
Pada 2010, Facebook diblokir oleh tembok api Internet negara itu.

Zuckerberg (kanan) bersama Robert Scoble tahun 2008.
Di profil Facebook Zuckerberg, ia menyebutkan tertarik pada "keterbukaan, menciptakan sesuatu yang membantu orang-orang terhubung dan berbagi segala hal yang penting bagi mereka, revolusi, aliran informasi, minimalisme". Zuckerberg lebih enak melihat warna biru karena kebutaan warna merah-hijau yang dialaminya; biru juga merupakan warna dominan di Facebook

Pada Mei 2011, dilaporkan bahwa Zuckerberg telah membeli rumah berkamar lima di Palo Alto senilai $7 juta.

Pada tanggal 19 Mei 2012, Zuckerberg menikah dengan Priscilla Chan. Upacara dilangsungkan di halaman belakang Zuckerberg. Tamu-tamu khusus diundang dengan dalih merayakan lulusnya Chan sebagai dokter dari fakultas kedokteran di University of California, San Francisco.

Nama ayah: Edward Zuckerberg (bekerja sebagai dokter gigi)
Nama ibu: Karen (bekerja sebagai psikiater)


Riwayat Kuliah

Zuckerberg adalah anggota Alpha Epsilon Pi. Pada awalnya Mark Zuckerberg hanyalah seorang mahasiswa dari Universitas Harvard. Zuckerberg lalu membuat suatu sistem jejaring sosial untuk kelasnya. Tetapi setelah ia membuat sistem tersebut, ternyata semakin banyak saja orang yang tergabung didalamnya. Sistem itu lama-kelamaan telah menjaring universitas terdekat dari tempatnya kuliah, dan inilah awal dari Facebook yang kita kenal saat ini.

Dari situasi inilah, Zuckerberg berinisiatif untuk mengembangkan sistem jejaring tersebut. Mula-mula Zuckerberg mengembangkan sistem ini dan memberi nama Facebook. Zuckerberg dan kawan-kawannya lalu menyewa tempat di Palo Alto, California sebagai tempat untuk mengembangkan Facebook. Karena keasyikan untuk mengembangkan proyek Facebook, maka Zuckerberg lupa akan kuliahnya. Zuckerberg dihadapkan pada pilihan-pilihan yang sulit antara memilih pendidikannya atau bisnis proyek yang sedang dia kembangkan. Dengan sikap yang optimis Zuckerberg dan kawan-kawannya memilih untuk meninggalkan kuliah mereka, dan memfokuskan diri pada proyek Facebook tersebut.


Sejarah Facebook

Facebook didirikan sebagai Perusahaan Swasta pada Tahun 2004 oleh Zuckerberg dan Teman sekelasnya Dustin Moskovitz, Eduardo Saverin, Dan Chris Hughes ketika masih jadi mahasiswa di Universitas Harvard. Pada tahun 2010, Zuckerberg terpilih sebagai Person of the Year versi majalah Time.

Mark mulai terkenal setelah menciptakan situs jejaring sosial Facebook bersama temannya, yang dengan itu ia menjadi pejabat eksekutif dan presiden.

Kekayaan Mark Zuckerberg

Tahun 2011: Sekitar $17,55 miliar - setara dengan Rp 236.300.000.000.000 (dua ratus triliun lebih)

Referensi: https://id.wikipedia.org/wiki/Mark_Zuckerberg
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini