Cara Menyimpan Cookie Kunjungan per Halaman Pakai JavaScript

Pada kesempatan kali ini akan saya share tutorial membuat jejak pengunjung yang hanya dapat dilihat oleh pengunjung tersebut. Bila pengunjung membuka website dengan komputer lain maka yang akan ditampilkan lain lagi.

Trik yang satu ini bisa juga dikatakan dengan counter pengunjung, namun bedanya tidak menampilkan total tayangan dari seluruh pengunjung blog Anda, melainkan hanya menampilkan tayangan dari masing masing pengunjung.

Salah satu keunggulan script ini adalah mampu menampilkan tayangan per halaman posting atau laman. Jadi jika pada artikel A dibuka sebanyak 5 kali, kemudian pada artikel B dibuka sebanyak 2 kali, maka yang akan ditampilkan pada halaman artikel A dan B juga berbeda.

Saya mendapatkan kode ini dari website asing. Untuk kode aslinya sebenarnya terhubung dengan cookie nama yang ditampilkan setelah pengunjung menuliskan nama ketika pertama kali membuka website.

Akan tetapi yang membuat saya tidak tertarik dengan bagian itu karena bidang input berbentuk alert, yakni menggunakan prompt()
Jadi, ketika pengunjung membuka website akan keluar alert seperti pop up dan apabila pengunjung tidak menuliskan nama maka yang akan ditampilkan adalah Anonymose User, tapi terkadang malah hasilnya null.

Untuk itu saya modifikasi javascript_nya dengan menghilangkan alert dan input name, jadi tinggal jumlah tayangan halaman seperti yang akan saya bagikan dibawah ini.

Salin javascript dibawah ini kedalam template atau tata letak blog Anda. Silahkan pilih lokasi mana ingin Anda tampilkan. Sebagai contoh kalau seperti blog ini saya letakkan tepat dibagian bawah artikel.
<script src="http://britha.com/Upload/MyFile/melihatHalaman.js" type="text/javascript"></script>

Catatan
Jangan mengedit javascript, termasuk merubah atau bahkan menghapus sumber kode, atau script ini akan rusak.
Jika hal itu terjadi, maka pengunjung tidak dapat melihat perbedaan jumlah kunjungan pada masing-masing artikel.
Artinya, jumlah yang ditampilkan adalah total kunjungan pada satu website, bukan per halaman.
Tidak yakin? coba saja !! :D

Selamat menikmati..
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini