Penyebab Maaf, sebagian data dalam laporan ini tertunda, silakan coba lagi nanti

google adsense notif

Barusaja ketika saya buka dashboard Google Adsense untuk melihat penghasilan sementara, saya dikejutkan oleh pemberitahuan dengan background merah (red).

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa teks yang dilatar belakangi warna merah menandakan adanya kesalahan, kegagalan, peringatan, error dan sebagainya. Sehingga pas mata saya tertuju pada notifikasi tersebut saya langsung deg-degan, akankah ada masalah dengan Akun GA Saya?

Lalu saya coba tenang dan membaca pelan-pelan apa isi yang ada pada peringatan itu dan berbunyi "Maaf, sebagian data dalam laporan ini tertunda, silakan coba lagi nanti. Penayangan atau pembayaran iklan tidak akan terpengaruh."

Dalam hati saya "Alhamdulillah, ternyata tidak berpengaruh terhadap akun saya" dan yang membuat saya semakin lega adalah ketika saya coba cari informasi di internet ternyata yang mendapat notifikasi ini bukan cuma saya. Artinya kemungkinan semua akun GA juga mendapat notif ini.

Itu hanya dugaan sementara, namun setelah saya amati lebih teliti, ternyata mereka posting tahun 2013 yang lalu, ada juga yang 2015 tapi bulan januari.

google search
Pada screnshoot diatas terbukti bahwa sebelumnya para pengeruk dollar dari GA juga sempat mendapat notif ini.

Apa penyebabnya dan apa akibatnya?

Setelah saya telusuri bantuan dari Google langsung menggunakan kuery English "Sorry, some of the data in this report is delayed, please try again later" ternyata penyebabnya tidak menentu dan disana tidak disebutkan secara spesifik.

Berikut petunjuk dari Google

Laporan tayangan dan klik biasanya diperbarui setiap 15 sampai 30 menit. Kadang-kadang akan ada penundaan 24 jam atau lebih dalam laporan yang Anda lihat di website. Ketika ada penundaan, Anda akan melihat pesan ini: ". Maaf, beberapa data dalam laporan ini tertunda, coba lagi nanti ada dampak penayangan iklan atau pembayaran."

Referensi : https://support.google.com/adsense/answer/9867?hl=en
URL

1 Tanggapan: » Lihat

saya juga mengalaminya, kirain ada kesalahan

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini