Fungsi Pajak Bagi Pembangunan Negara

Cukup banyak diantara kita yang lupa atau bahkan sengaja melupakan kewajiban setor pajak tahunan atas kendaraan motor, mobil, bangunan, tanah dan lain sebagainya.

Kebanyakan diantara mereka yang tidak peduli dengan tanggungan ini dikarenakan tidak pahamnya terhadap apa fungsi atau kegunaan dari pajak itu sendiri.

Sehingga mereka beranggapan bahwa pajak itu tidak penting. Memang, kenyataannya Anda membeli kendaraan pakai uang pribadi Anda, tapi mengapa harus bayar pajak tiap tahun? Jawaban simpelnya karena Anda menggunakan jalan umum (milik pemerintah).

Namun untuk melihat fungsi pajak lebih kongkrit silahkan lihat penjelasan berikut:

  • Fungsi Anggaran – Pajak dijadikan sebagai alat pemasukan dana secara optimal kedalam kas negara berlandaskan undang-undang perpajakan yang berlaku. Sehingga pajak disini berfungsi sebagai pembiayaan seluruh pengeluaran yang terkait proses pemerintahan.
  • Fungsi Mengatur – Pajak digunakan pemerintah sebagai alat untuk mencapai tujuan tertentu dan pelengkap dari fungsi utama pajak itu sendiri.
  • Fungsi Stabilitas – Adanya pajak membuat pemerintah memiliki dana untuk menjalankan kebijakan yang berhubungan dengan stabilitas harga sehingga inflasi dapat dikendalikan.
  • Fungsi Retribusi Pendapatan – Pajak digunakan untuk mebiayai semua kepentingan umum.
Itulah 4 fungsi pajak yang perlu Anda tahu. Semoga dengan mengetahui fungsi ini, diharapkan agar Anda taat pajak agar perkembangan bangsa Indonesia menjadi semakin meningkat.
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini