8 Langkah Mudah Mendaftar Twitter App

logo twitter

Twitter dapat berkembang begitu cepat karena salah satu penyebabnya adalah meningkatnya jumlah pengembang yang telah membangun aplikasi selama bertahun-tahun.

Application Programming Interface (API)

Pada tanggal 11 Juni 2013, Twitter menyatakan pensiun untuk API v.1 dan berhenti menawarkan RSS feed. Akibatnya tentu berimbas kepada para programmer. Jelas saja, beberapa aplikasi Twitter tidak lagi bekerja, apa yang harus dilakukan programmer selanjutnya?

Tenang, jangan gegabah, tetaplah rileks dikursi Anda. Tak lama lagi akan saya beri solusi keren yang dapat diandalkan untuk mendapatkan RSS feed kembali secara penuh dalam artikel mendatang. Namun, untuk saat ini, saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana caranya memulai proses pendaftaran aplikasi Twitter.

Berikut Langkah-langkah Membuat Aplikasi Twitter

1. Kunjungi Situs Twitter Pengembang
logo twitter 1
Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat account di dev.twitter.com. Selanjutnya, klik pada link "Masuk" di bagian kanan atas.


2. Masuk dengan Akun Twitter Anda
logo twitter 2
Langkah selanjutnya, masuk dengan akun Twitter yang akan dihubungkan dengan aplikasi Anda.


3. Kunjungi apps.twitter.com
logo twitter 3
Pada tahap ini, Anda harus mengunjungi situs Twitter app. Ini dapat ditemukan di apps.twitter.com (juga dapat ditemukan dengan mengklik "mengelola aplikasi Anda" di footer dari situs Twitter Pengembang.)


4. Buat Aplikasi Baru
logo twitter 4
Jika Anda baru pertama kali masuk di situs pengembang, maka Anda tidak akan melihat aplikasi yang terdaftar. Tak masalah, sekarang saatnya untuk membuat aplikasi pertama Anda. Untuk memulai, klik pada tombol besar "Buat aplikasi baru".


5. Isi Rincian Aplikasi Anda
logo twitter 5
Seperti biasa, untuk menyelesaikan pendaftaran, Anda harus mengisi formulir yang telah disediakan.

Berikut beberapa bidang wajib dan pilihan untuk Anda.
» Nama:
Buatlah sebuah nama yang unik untuk aplikasi Anda. Anda tidak boleh memasukkan nama aplikasi yang telah digunakan oleh orang lain sebelumnya. Sebentar lagi Anda akan dikenal dengan sebutan programmer, jadi buktikan bahwa Anda mampu membawa nama aplikasi ini terkenal dan bersih.

» Keterangan:
Anda tidak perlu cemas memilih kata apa yang paling cocok untuk deskripsi aplikasi perdana Anda. Jika ingin diperbaiki, Anda bisa melakukannya besok.

» Website:
Ini seharusnya dapat diakses publik pada halaman rumah aplikasi Anda. Namun, jika aplikasi Anda adalah untuk penggunaan pribadi, ini tidak benar-benar berlaku. Anda hanya perlu memasukkan alamat situs web di mana aplikasi akan di-host.

» URL callback:
Jika Anda memungkinkan pengguna untuk login ke aplikasi Anda untuk mengotentikasi sendiri, Anda perlu memasukkan URL di mana mereka akan kembali setelah mereka diberi izin untuk Twitter untuk menggunakan aplikasi Anda.

Setelah Anda melakukan ini, pastikan Anda telah membaca aturan pengembang, centang kotak "Ya, saya setuju", mengisi CAPTCHA dan klik tombol "Membuat Aplikasi Twitter Anda"!


6. Dapatkan Access Token
logo twitter 6
Anda perlu meng otorisasi aplikasi Twitter untuk akun Twitter Anda. Untuk melakukan ini, klik tombol "Buat akses token saya". Proses ini biasanya hanya memakan waktu beberapa detik, jadi jika Anda tidak melihat token akses pada layar berikutnya, Anda mungkin harus me-refresh halaman hingga beberapa kali.

Akses token ini memungkinkan aplikasi Twitter Anda untuk membaca informasi Twitter. Seperti; mendapatkan data tweets Anda, menyebutkan, daftar dan banyak lagi. Namun, jika Anda ingin melakukan hal-hal yang lebih maju seperti mengirim tweet atau menghapus tweet, maka Anda perlu untuk mengubah jenis akses Anda.


7. Tentukan Jenis Akses Apa Yang Anda Perlukan
logo twitter 7
Jenis akses default ketika membuat aplikasi Twitter hanya dibaca saja. Rekomendasi saya adalah untuk tetap seperti ini kecuali jika Anda benar-benar ingin dapat memiliki aplikasi menghapus atau menulis data (misalnya mengirim tweet atau menghapus pesan langsung).

Untuk mengubah jenis akses, silahkan masuk pada tab pengaturan di bagian atas layar. Selanjutnya, gulir ke bawah sampai Anda melihat tulisan "Aplikasi Type". Mengubah jenis akses ke "Membaca dan Menulis" untuk dapat membaca data Twitter dan mengirim tweet dan pilih "Baca, Tulis dan akses pesan langsung" jika Anda ingin juga memiliki akses ke pesan langsung Anda.


8. Catat Pengaturan OAuth Anda
logo twitter 8
Buatlah catatan dari pengaturan OAuth Anda. Anda akan membutuhkan string panjang ini dari karakter untuk aplikasi Twitter Anda. Yang akan Anda butuhkan adalah:
  • Kunci Konsumen
  • Rahasia Konsumen
  • OAuth Access Token
  • OAuth Token Access Rahasia
Catatan: Simpan baik-baik informasi itu, karena jika ada orang lain yang mendapatkan kunci tersebut, mereka secara efektif bisa mengakses akun Twitter Anda.
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini