Leopard Peras Mall Alam Sutera 'Banten' dengan BOM Rakitan


Terungkap sudah siapa pelaku dan apa motif dibalik teror bom pada 9 Juli 2015 dan 29 Oktober 2015 di Mall Alam Sutera, Tangerang, Banten.

Siapa Pelakunya

Pelaku pengeboman berinisial LWK (29) yang lokasi rumahnya tidak jauh dari Mall Alam Sutera diduga nekat karena terlilit hutang. Meski sudah berkeluarga dan punya anak, pria ini dikabarkan terlalu pendiam dan tertutup dengan tetangganya, sehingga banyak yang tidak tahu apa pekerjaan leo sehari-hari.

Bagaimana Leopard Belajar Merakit BOM

Seperti dilansir TVOne, leo mulai bisa merakit bom sendiri setelah menonton sebuah video yang diunggah di Internet. Sejak itu ia mulai berinisiatif untuk menyalah gunakan keterampilan itu untuk memeras korban.

Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian mengungkapkan Leopard diduga mengalami kesulitan ekonomi, sehingga melakukan pemerasan lewat teror bom.

"Dia sempat kirim e-mail ke manajemen Alam Sutera, mengancam dan meminta uang Rp 300 juta," kata Tito saat menggelar konferensi pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (29/10/2015).

Saat mengirim pesan ke E-mail manajemen Alam Sutera, Leopard menggunakan nama Anonymous (tanpa nama) beberapa saat setelah bom 9 Juli 2015 meledak.

Seminggu setelah bom 9 Juli 2015 meledak, akhirnya pihak Alam Sutera mengirimkan uang Rp 750 ribu dalam bentuk Bitcoin atau uang elektronik secara online.

"Uang sudah ditransfer dalam bentuk Bitcoin sebesar Rp 750 ribu," tutur Tito.

Mengapa Memilih Mall Alam Sutera

Leopard menyukai Mall ini sebagai target lantaran lokasinya yang tidak jauh dari rumahnya, sehingga dia tahu betul bagaimana kondisi diluar maupun didalam Mall. Selain itu, Leopard menganggap mal tersebut lebih mewah dari pusat perbelanjaan lainnya di Tangerang.

Dimana Lokasi Bom Diletakkan

Leopard bisa lolos dari penjagaan karena masuk pintu karyawan. Menggunakan jalan itu, ia bebas dari pemeriksaan sehingga tidak terdeteksi kalau leo sedang membawa bom. Kemudian leo-pun mencari tempat aman, dan tempat itu adalah toilet.

Referensi :
  1. http://news.liputan6.com/read/2352559/leopard-peras-mall-alam-sutera-rp-300-juta-usai-bom-juli-2015
  2. Televisi TvOne
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini