Memahami Apa Itu CTR, RPM dan CPC di Google Adsense

CTR RPM CPC
Bagi Anda yang baru bergabung dengan program periklanan Google, mungkin sedikit bingung dibuatnya. Ini tidak aneh kok, karena saya dulu juga pernah mengalami masa-masa seperti Anda saat masih pemula banget soal Google Adsense.

Seperti halnya pendapatan/ penghasilan yang ditampilkan pada dashboard Akun GA kita. Disana ada beberapa keterangan yang sebenarnya memiliki fungsi dan manfaat masing-masing.

Date (Kalender)
Untuk date seharusnya tanpa saya jelaskan, Anda sudah tahu dong dengan apa itu date?
Date adalah sebuah penanggalan. Pendapatan Anda akan ditampilkan berdasarkan tanggal sehingga akan memudahkan kita dalam menelusuri riwayat pendapatan. Bahkan kita juga bisa melihat kembali pendapatan kita yang sudah bertahun-tahun yang lalu pada Akun GA milik kita.

Page Views (Melihat Halaman)
Apa itu Page view? Page view adalah jumlah tampilan iklan kita pada sebuah laman. Dari hasil penelitian yang saya lakukan sejak bergabung, page view tidak menampilkan dari masing-masing slot iklan. Jadi jika dalam blog Anda ada 3 buah iklan berbeda, maka penghitungan yang tertulis hanya satu tampilan saja dalam satu kali halaman tersebut dilihat pengunjung. Jika iklan tidak ada yang ditampilkan, maka itu juga tidak akan terhitung pada bagian Page view.

Clicks (Jumlah Klik Iklan)
Klik iklan yang terjadi tidak akan sama setiap hari-nya. Tergantung berapa banyak pengunjung dan seberapa besar minat atau ketertarikan pengunjung terhadap iklan yang ditampilkan. Jika ingin mendapatkan klik lebih banyak, silahkan cari visitor sebanyak-banyaknya, karena itu akan memperbesar peluang iklan pada blog Anda mendapat klik oleh pengunjung.

Page CTR (Click Through Rate - Klik Berdasar Laju Penayangan)
Apa itu CTR? CTR adalah perbandingan dalam bentuk persentase untuk menghitung antara jumlah klik dan jumlah unit iklan adsense yang bersangkutan tampil.

Jika iklan tampil sebanyak 1000 kali, kemudian iklan tersebut mendapatkan klik sebanyak 10 kali, maka nilai CTR nya adalah 1%.

Bagaimana cara menghitungnya?
Rumus menghitung CTR adalah = jumlah klik (bagi) jumlah penayangan (kali) 100persen.
10/1000 x 100% = 1%

CPC (Biaya per Klik 'BPK')
Nice blog boleh sama, umur blog boleh sama, jumlah posting boleh sama, page rank boleh sama, tapi CPC belum tentu sama. Masih misterius dengan bagaimana cara menebak CPC pada sebuah halaman posting. Namun menurut informasi yang saya dapat dari berbagai forum dan sosmed, ini tergantung dengan advertiser. Karena mereka-lah yang menentukan berapa CPC yang akan diterima publisher.

Page RPM (Revenue Per Thoushand Impression)
RPM adalah hasil pembagian antara jumlah pendapatan dengan jumlah impresi halaman (per 1.000) yang ia dapatkan dari iklan-iklannya.

Sebagai contoh, misalnya Anda menghasilkan $200 dari 50.000 impressi akan memiliki nilai CPM sebesar $4 (nilai tersebut didapat dari perhitungan [jumlah penghasilan /(impressi/1000)]= (200/(50.000/1000)=200/50 = 4.

Estimated Earnings (Perkiraan Pendapatan)
Mengapa disebut sebagai Perkiraan pendapatan dan bukan Pendapatan yang sebenarnya.
Ini bukanlah pendapatan bersih Anda dan mungkin akan dipotong jika Anda melakukan beberapa kesalahan atau pelanggaran atau sesuatu yang membuat Google harus mengembalikan penghasilan itu kepada yang berhak.

Masih ingatkah Anda dengan pos saya sebelumnya dengan tema "Lalu Lintas Tidak Valid - Adsense Untuk Konten" Silahkan dibaca untuk keterangan selanjutnya.

Itulah alasan mengapa disebut sebagai perkiraan pendapatan karena ada kemungkinan pemotongan komisi atas pelanggaran yang kita buat.

Terkadang earning Adsense yang ditampilkan di pendapatan hari ini tiba-tiba menjadi berkurang beberapa menit kemudian. Mengapa hal ini bisa terjadi ? Pelajari selengkapnya

Itulah informasi singkat dari saya semoga bermanfaat. Jangan lupa baca-baca lagi coretan dari kangsigit ya sobat..
URL

8 Tanggapan » Lihat

Terimakasih atas pencerahannya kang, masih belajar tentang GA lebih jauh nih. Maklum baru approve. Salam

oh iya mas, kalau boleh tau, untuk mendapatkan Adsense Matched content seperti punya anda gmana ya mas. kalau perlu di buatin artikle nya mas. salam kenal dari http://www.kalautau.com

Ok sob, saya sudah pernah update untuk topik ini, silahkan klik disini untuk melihatnya. thanks.

Kang sigit yang punya domain ID yah?

Hmm saya jg ada sih dom id, tapi mungkin lain dengan yang sobat maksud :)

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini