Daftar Penyedia Layanan Voip di Indonesia Terbaik

Voip Logo
VoIP - Foto Google

Pengertian VoIP (Voice Over Internet Protocol)

Voice Over Internet Protocol adalah Teknologi canggih yang memungkinkan seseorang dapat berkomunikasi langsung dengan orang lain jarak jauh menggunakan media internet.

Sinyal suara yang digunakan adalah analog, ini seperti ketika kita berkomunikasi jarak jauh pakai telepon yang kemudian diubah menjadi data digital dan dikirimkan melalui jaringan berupa paket-paket data secara real time.

Kelebihan Internet Phone Service VoIP

Voip bisa juga diartikan sebagai telepon internet dan berikut keuntungan jika memilih ini
Jaringan IP bersifat global, sehingga bisa dipastikan biaya menjadi lebih murah dari tarif telepon tradisional.
Biaya maintenance dapat di tekan karena voice dan data network terpisah, sehingga IP Phone dapat di tambah, dipindah dan di ubah. Hal ini karena VoIP dapat dipasang disembarang ethernet dan IP address, tidak seperti telepon konvensional yang harus mempunyai port tersendiri di Sentral atau PBX (Private branch exchange).



Berikut 10 penyedia layanan Voip di Indonesia (Voip Service Providers)

  1. Telkom Domestic Clearing house "TDC" : Salah satu Perusahaan telekomunikasi terbesar di indonesia yaitu PT. Telkom Tbk telah meluncurkan layanan telekomunikasi berbasis internet, VoIP yang cukup hemat dalam penggunaanya yang biasa disebut "telkom save" layanan VoIP yang di luncurkan ialah "telkom domestic clearing house" TDC. Dalam menjalankan layanan telekomunikasi VoIP ini Telkom tidak berjuang sendiri namun melakukan kerja sama terhadap perusahaan PT. Vasindo teleInternet sebagai pengelola layanan dan Telkom sebagai pengembangnya. Dari segi tarif bicara di kenakan biaya kurang lebih Rp.3000/menit untuk melakukan panggilan ke luar negri.
  2. SLI 01052 : Perusahaan Telkomsel telah memperoleh license VoIP 01052 untuk melakukan panggilan internasional dengan harga yang cukup murah untuk kartu AS dengan kode akses 01052, dengan mengenakan biaya per paket Rp.1000,. cara mendaftarnya Ketik VoIP SUB Harga Paket, kirim ke 8999. Jadwal pendaftaran paketnya dimulai pukul 00.00 – 17.00.
  3. Indosat Flat Call 01016 : Dengan adanya teknologi VoIP indosat meluncurkan Flat Call 01016 dengan kualitas yang cukup bagus dan biaya yang di keluarkan pun cukup ringan, tarif yang dikeluarkan sesuai dengan negara mana yang kita akan hubungi dari biaya yang di kenakan kurang lebih Rp.120/6 detik.
  4. Three 01089 : Tidak mau kalah dengan operator lain, 3 pun akhirnya menggunakan teknologi VoIP yang tidak kalah murahnya dengan operator penyedia layanan VoIP, PT. Hutchison CP Telekom ini akhirnya memiliki license VoIP 01089 yang katanya menelpon interlokal ke luar negri lebih murah di bandingkan menelpon lokal, hal ini di karenakan penggunaan teknologi VoIP ini, biaya yang di kenakan untuk menggunakan layanan ini sekitar Rp.299/menit.
  5. Voipstunt : Layanan VoIP ini memiliki kualitas yang cukup baik yang memungkinkan melakukan panggilan ke luar negri dengan kualitas kejernihan suara yang cukup bagus, biaya yang dikenakan sekitar € 0,070/menit.
  6. Google plus+ : Perusahaan besar Google. Inc telah meluncurkan jejaring sosial yang sangat fenomenal yaitu Google Plus+, salah satu jejaring sosial saingan terberat dari Facebook ini telah menyediakan layanan VoIP yang kita bisa gunakan secara Free dengan user lainnya sesama pengguna Google Plus+, bukan hanya layanan VoIP saja yang di tawarkan namun kita juga di manjakan dengan layanan WebCam "Videeo Call" yang di namakan "HangOut" dalam jejaring sosial tersebut.
  7. Mig33 : Mig33 yaitu salah satu aplikasi mobile yang mendukung layanan VoIP secara gratis, Mig33 ini di gunakan untuk mobile phone yang memiliki sistem operasi Java.
  8. Skype-Out : Skype merupakan salah satu penyedia layanan VoIP yang cukup ekonomis untuk melakukan panggilan secara internasional, VoIP Skype ini sebenarnya Free bila orang lain yang kita hubungi menggunakan software skype juga, namun bila orang yang kita hubungi tidak menggunakan software skype hal ini pun bisa di atasi dengan membeli credit dari Skype-Out yang biasanya dalam bentuk USD, namun jangan khawatir biaya yang di keluarkan pun sangat murah sekali 10cent USD/menit atau sekitar Rp.900/menit.
  9. Freecall : Salah satu penyedia layanan VoIP free yaitu "Freecall" dengan layanan ini kita cukup menginstal software voip freecall lalu melakukan registrasi yang terakhir kita tinggal menggunakan layanannya, 90hari pertama "freedays" kita di berikan gratis 300menit/minggu setelah freedays habis kita di kenakan tarif normal yang cukup murah sekitar € 0,020/menit.
  10. Nimbuzz : Nimbuzz merupakan suatu layanan VoIP berbasis Mobile yang kita bisa melakukan komunikasi VoIP secara free.
Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Teknologi VoIP
Referensi : http://it4dummy.blogspot.co.id/2014/12/pengertian-voip-dan-provider-penyedia.html
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini