Cara Edit Foto di Photoshop, Potong, Tempel, Ganti Background

Pada kesempatan kali ini akan saya share tutorial tentang cara edit foto atau gambar menggunakan aplikasi photoshop pada pc windows seperti komputer, laptop maupun notebook. Bahkan juga bisa membuat dengan menggunakan tablet jika sudah support di instal Photoshop.

Jika Anda belum punya aplikasinya/ perangkat lunaknya, silahkan download terlebih dahulu di google ya. Nah, apasaja yang akan bisa Anda pelajari? Bermacam-macam, saya akan coba mengajari trik-trik yang paling umum atau yang paling sering orang gunakan dalam pengeditan foto agar foto menjadi lebih keren tentunya.

Adobe Photoshop adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek.

Gambar yang bisa di edit berupa, animasi, kartun, wallpaper, dan beberapa jenis gambar lainnya. Anda dapat belajar mengedit foto dan mengganti background di photoshop menggunakan adobe photoshop CS2, photoshop CS3, photoshop CS4, CS5, CS6 maupun memakai adobe photoshop terbaru. Selain memakai photoshop Anda juga bisa menggunakan photoscape, coreldraw atau software desain grafis lainnya secara offline/ not online.

Berikut Cara Bikin Foto Jadi Lebih Keren Pakai Adobe Photoshop

1. Jalankan program adobe photoshop versi berapapun, asalkan bukan versi Anda sendiri ya :D

2. Tentukan foto yang akan di ganti background atau latar belakangnya dengan cara pilih menu » open dan ambil foto atau gambar yang akan di edit. Contohnya foto anak kecil yang lucu dan imut yang menggemaskan ini.

edit foto mudah photoshop


3. Buat seleksi pada foto tersebut dengan tool seleksi. Anda bisa menggunakan pen tools atau lasso tool atau magic wand untuk proses editing foto, untuk memisahkan foto dengan background foto aslinya seperti gambar foto dibawah ini:

edit foto mudah photoshop


4. Klik layer via copy, dan ambil foto background sebagai latar belakang. Karena dalam contoh adalah gambar anak kecil, maka saya ambil sampel background foto taman bermain anak-anak. Anda juga dapat mendownload template editing photoshop di google jika ingin mendapat hasil lebih maksimal serta mendapat gambaran yang pas. Pemilihan background baru harus yang bagus dan jelas atau sesuaikan sendiri dengan foto utama yang akan ditempel pada background itu.

edit foto mudah photoshop


5. Masukkan foto yang telah dihilangkan background-nya ke dalam background foto baru dengan cara drag foto ke dalam layer background, atau bisa juga dengan copy paste foto ke dalam layer background. Pencahayaan pada pinggiran foto harus diatur semaksimal mungkin dan lebih teliti agar menghasilkan kesan asli.

edit foto mudah photoshop


6. Edit foto dengan efek cahaya gambar antara foto dan latar belakang yang sudah di ganti backgroundnya tadi. Sesuaikan warna dan pencahayaan seperti gelap terang pada titik tertentu agar hasil editing dapat maksimal dan terlihat lebih serasi serta matching antara warna dengan efek cahaya contrast.

edit foto mudah photoshop

Selesai sudah proses pengeditan foto via photoshop. Semoga artikel ini bisa membantu Anda yang kesulitan mengedit foto dengan Photoshop. Selamat mencoba..
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini