Cara Melaporkan Website Copy Paste ke Google

Hari ini saya cukup kesal menangani orang-orang seperti ini. Bagaimana tidak? sejauh ini lebih dari 30 posting saya telah di copas 100% tanpa perubahan sedikitpun oleh seseorang yang tidak memiliki identitas nyata.

Awal mula saya mengetahui kalau artikel saya telah dicopas adalah saat saya selesai memposting dan beberapa jam kemudian coba saya cek di mesin telusur google dengan judul yang sama persis dengan judul yang saya buat pada pos tersebut.

Terkejut, wah kok gak muncul dan saya menaruh curiga terhadap salah satu website yang pada deskripsi di web search mengandung beberapa kalimat yang tentunya saya ingat banget bahwa kalimat itu saya yang buat.

Karena penasaran akhirnya saya buka, setelah loading selesai, ternyataaaaaaaaaaa..
Itu adalah postingan saya yang telah dia curi. Saya pun tidak berhenti sampai disitu dan saya ingin memastikan apakah benar hanya satu artikel saja yang telah dia copas atau ada yang lain.

Kemudian saya cari di kotak pencarian di websitenya dengan keyword kangsigit.com maka munculah sederet artikel dari website saya hingga tiga halaman.
Setelah saya analisa, sepertinya itu bukan dilakukan secara manual, jadi bagaimana dia melakukannya?

Jelas itu menggunakan generated content yang asli menduplikat sebuah halaman dan otomatis tersalin di website. Hasilnya tentu akan sama persis dengan yang dibuat oleh pemilik aslinya/ yang berhak cipta, termasuk link out dan gambar jika memang tersedia.

Tentunya saya tidak terima atas tindakan ini dan segera melakukan pencegahan sebelum semakin banyak artikel saya yang dicopas.

Kumpulan Website/ Situs yang Melakukan Copy Paste Otomatis

Mungkin Anda penasaran dengan alamat website yang telah melakukan duplikat content tersebut, baiklah saya akan menunjukkan pada Anda karena saya juga punya filling bahwa kemungkinan website Anda juga telah menjadi korban. Karena dia akan mencari website yang selalu update dengan artikel-artikel murni buatan sendiri untuk di copas.
Berikut daftar website yang suka copas otomatis:
  • http://gratis99.com
  • http://hot.gratis99.net
Tahukah Anda bahwa artikel pada sebuah website yang telah dicopas keseluruhan oleh beberapa website dapat memperburuk SEO pada pemilik sah artikel..??
Saya mengira iya, sebab belakangan ini website saya menurun dan agak sulit ditemukan di search engine. Justru terkadang malah website yang melakukan copas, artikelnya lebih dulu terindex dana mendapatkan posisi lebih baik, sangat merugikan.

Saya khawatir situs yang melanggar tersebut diatas menjadi lebih besar dan garang, untuk itu saya terus melakukan penyelidikan hingga meluas, dan saat ini sedikitnya telah ditemukan beberapa website lain yang menjadi korban.

Daftar Website Korban Duplikat Konten

  1. http://www.kangsigit.com
  2. http://www.bilikupdate.com
  3. http://www.bilik-android.com
  4. DLL
Buat para sobat yang situsnya tidak tercantum disini jangan senang dulu, karena ini bukan daftar keseluruhan dan tentunya masih banyak website lainnya. Silahkan cek sendiri dengan menuliskan nama website Anda atau salah satu judul artikel pada kotak pencarian di website www.gratis99.com

Apa manfaat DMCA dan apa tindakan Google setelah itu..?
Jika website yang melanggar menggunakan produk Google, seperti blogspot, youtube, gmail dan sejenisnya, maka Anda dapat mengajukan permohonan untuk melakukan penghapusan akun milik orang yang melakukan pelanggaran berat, dan biasanya jika pelanggaran tersebut masih tergolong ringan maka masih diampuni dan bisa di torelir.

Berikut Langkah-langkah Melaporkan Website Ke Google

  1. Masuk di : https://support.google.com/legal/troubleshooter/1114905?rd=2
  2. Atau jika Anda menginginkan website tersebut hanya dihapus dari Google Search, Masuk saja kesini : http://support.google.com/legal/contact/lr_dmca?&product=websearch  Biasanya Anda akan dialihkan ke halaman ini https://www.google.com/webmasters/tools/dmca-notice-ac?hl=in&pid=0  Langkah selanjutnya, mengisi formulir.
  3. Masukkan nama depan Anda dan nama belakang (wajib)
  4. Masukkan nama perusahaan Anda (jika punya)
  5. Pemegang hak cipta yang Anda wakili: (pilih: Diri sendiri)
  6. Alamat Email : harus email aktif yang bisa diakses (email balasan dari Google akan dikirim ke email itu)
    Negara/Kawasan : (Pilih Indonesia)

  7. Seperti yang telah dijelaskan Google, bahwa Anda harus mengisi bidang "Identifikasi dan uraikan karya berhak cipta" dengan sangat detail dan jelas tentang karya yang dipermasalahkan.
  8. Jika artikel yang dicopas tidak keseluruhan, maka tuliskan beberapa kata mulai dari(..) sampai ke(..) Contoh: Dimulai dari "Hidup ini pilihan, cinta takkan terpisahkan oleh apapun" Sampai "Terimakasih atas segala nikmat yang kau berikan tuhanku"
  9. Dalam kotak "Di mana saya dapat melihat contoh resmi dari karya tersebut?" Beritahukan lokasi karya Anda yang telah dicuri artikelnya dengan menuliskan URL posting dan harus diawali dengan http://. Pada bagian ini Anda bisa langsung memasukkan hingga paling banyak 1000 URL dalam sekali submit pada line baru per URL (klik ENTER setelah satu URL)
  10. Dalam kotak "Lokasi materi yang diduga melanggar" identifikasi alamat URL konten yang ingin dihapus. Hampir sama dengan yang diatas, yaitu dengan menuliskan URL posting dan harus diawali dengan http://. Pada bagian ini Anda bisa langsung memasukkan hingga paling banyak 1000 URL dalam sekali submit pada line baru per URL (klik ENTER setelah satu URL)
  11. Pada bagian pernyataan tersumpah, silahkan centang semuanya untuk memastikan bahwa Anda benar-benar serius atas tindakan ini dan bisa mempertanggung jawabkan bila tersangka melakukan tuntutan balik kepada Anda.
  12. Selanjutnya, silahkan beri tanda tangan digital Anda dengan cara menuliskan nama lengkap Anda.
  13. Ingat, nama lengkap ini harus sama persis dengan yang Anda masukkan pada formulir nama depan dan nama belakang diatas tadi. Selanjutnya memasukkan tanggal tanda tangan.
  14. Pada bagian ini Anda harus lebih teliti, sebab penanggalan diurutkan dengan (bulan/tanggal/tahun)
  15. Contoh: hari ini adalah tanggal 13, bulan 10, tahun 2015. Maka penulisan yang benar saat menandatangani adalah 10/13/2015 Setelah semua formulir selesai, silahkan buktikan bahwa Anda bukan robot dengan menerima tantangan robot. Selanjutnya klik Kirim.
Selamat, permintaan Anda akan segera ditindak lanjuti oleh tim Google.
Untuk melihat semua ajun keluhan Anda buka halaman https://www.google.com/webmasters/tools/dmca-dashboard?hl=in&pid=0
Pada halaman tersebut akan terlihat daftar URL yang dilaporkan, URL yang disetujui untuk dihapus dan URL yang ditolak.

Terimakasih telah membaca tutorial ini.

Bagi sobat yang tertarik, kusus untuk artikel ini saya tidak melarang Anda untuk copy paste secara keseluruhan tapi jangan lupa tulis sumbernya ya (link nofollow aja, dofollow lebih baik :D)

Bukti Google siap menangani kasus ini dengan serius..
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini