Hati-hati Membuat Website Berbayar, ini Akibatnya

Apa itu Ekstranews.com

Ekstranews.com adalah sebuah situs malang yang disia-siakan. Situs ini sebenarnya memiliki nice bagus, berpaduan dari Ekstra dan News. Jika diartikan dari campuran bahasa inggris, situs ini memiliki maksud Berita ekstra, jadi bukan berita biasa.

Pemilik situs Ekstranews.com

Situs ini dibuat oleh Sigit Purnomo atas permintaan seseorang yang bukan lain adalah temannya sendiri. Namun teman sigit itu juga dapat pesan dari temannya. Jadi, yang menginginkan situs ini sebenarnya adalah teman dari teman Sigit.

Asal usul dan sejarah Ekstranews.com

Begini, saya tidak ingin menyebut nama asli dari pemeran, jadi akan saya buat nama samaran aja biar gak ada keributan.
  • Sigit Purnomo adalah saya
  • Teman sigit bernama Paijo
  • Teman Paijo bernama Bodong
Beberapa hari yang lalu, paijo telfon ke sigit untuk dibuatkan situs. Dia bilang bahwa situs ini diminta oleh Bodong. Bodong adalah seorang anggota yang diberi kepercayaan dalam sebuah organisasi.

Nah, suatu hari organisasi ini mendapat masalah yang cukup serius. Untuk mengatasinya, salah satu caranya adalah dengan memposting suatu berita sesuai dengan riwayat konflik antar kedua belah pihak.

Organisasi ini masih belum terlalu mahir dengan internet, sehingga dia minta bantuan sama orang lain yang dipercayainya, dan dia adalah Paijo. Lalu paijo menghubungi temannya yang cukup memiliki pengalaman soal website, dan dia adalah Sigit.

Menurut pengakuan paijo kepada sigit, organisasi tersebut sedang terancam dan harus segera dibuatkan situs untuk melawan musuhnya.

Karena dirasa cukup memprihatinkan, akhirnya sigit berupaya keras untuk segera meng-onlinekan situs ini agar bisa segera dipakai untuk kepentingan banyak orang.

Selain itu, karena sigit orangnya cukup baik dan penuh rasa iba, akhirnya ia memutuskan untuk ikut membantu pendanaan dengan cara mengurangi harga sewa situs. Untuk harga normal, situs ini dibandrol dengan harga 130ribu, dan sigit telah membantu 30ribu, jadi harganya hanya 100 ribu saja.

Setelah situs ini selesai dibuat, sigit memberikan informasi akun dan merubah kepemilikan situs menjadi nama organisasi. Beberapa hari kemudian, sigit penasaran setelah melihat situs ini, kok tidak ada postingannya dan akhirnya menghubungi paijo untuk keterangan lebih lanjut.

Menurut paijo, bodong dan anggota lainnya baru mengetahui ternyata untuk membuat dan menerbitkan sebuah berita resmi pada situs harus mengantongi izin dari pusat. Itulah sebabnya mengapa mereka tidak pernah memposting satu tulisan pun.

Pengorbanan dan tanggung jawab

Berawal dari ketidak pahaman soal izin mendirikan situs berita, konflik-pun berbuntut panjang. Saya menyadari bahwa ini adalah permasalahan yang rumit. Tapi apa boleh dikata, semua sudah terjadi, ibarat nasi sudah menjadi bubur.

Segala sesuatu itu butuh pengorbanan, seperti uang, waktu, tenaga dan tahta. Mungkin bodong dan teman-temannya tidak lagi membutuhkan situs ini, tapi apa mereka lupa bahwa situs ini tidak terbuat dengan sendirinya, ada pihak lain yang telah berjuang dan ternyata itu diabaikannya.

Disini saya tidak menyalahkan paijo, karena paijo hanyalah sebagai perantara. Selama kami berteman, saya melihat bahwa paijo itu cukup baik untuk teman, buktinya dia mau membantu si bodong untuk organisasinya. Tapi mengapa si bodong tiba-tiba membisu?
Yang Pesan Enggak Beli
Yang Beli Enggak Butuh
Yang Butuh Lupa Ingatan
Sebelum menulis ini saya telah berkaca pada cermin yang selalu ikut kemana aku melangkah. Selama saya berpetualang didunia yang kejam ini, saya selalu berusaha berbuat baik, menjaga perasaan teman, tidak ingin menyusahkan orang lain. Tapi mengapa banyak orang yang bertingkah diluar dari apa yang saya lakukan itu, tidak menghargai, tidak mau bertanggung jawab.

Sekali lagi saya katakan bahwa saya sangat kecewa sama anggota dari organisasi tersebut, harusnya mereka bisa membawa nama baik organisasi, bukan malah mencemarkan nama buruk.

Mungkin kalian tidak ingin rugi, tapi saya juga tidak ingin rugi. Kalian yang memilih untuk dibuatkan situs, dan saya telah bekerja keras untuk bisa membantu, tapi ternyata malah mengecewakan saya.

Untuk teman saya, Paijo, jangan ambil pusing soal ini. Saya gak mau membuat kamu semakin sulit akan keadaan ekonomi yang semakin memperpuruk. Saya hanya menagih janji kepada teman kamu, jika dia mau melunasi hutangnya, saya terima. Tapi jika tidak mau, jangan berupaya untuk membayar dengan uang kamu, karena saya pasti menolaknya.

Ini pengalaman pribadi saya, semoga bisa menjadi inspirasi untuk lebih berhati-hati dalam melakukan perbuatan baik.
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini