Begini Guyonan Raffi Ahmad yang Lecehkan Profesi Wartawan


Raffi Ahmad di kantor PWI - foto: cumicumi.com

Baru-baru ini nama Raffi Ahmad menjadi banyak diperbincangkan soal ucapannya yang terlalu merendahkan profesi wartawan saat manggung di program Happy Show Trans TV.

Seperti dilansir swadeka, segmen tersebut menayangkan percakapan antara Raffi Ahmad dengan Billy Syahputra. Puncaknya saat Raffi mengatakan "Ngariung itu bahasa apa sih?", "Ngariung itu lagi ngumpul. Nih, misalnya lagi dikejar-kejar, lo giniin aja 'Duit nih. Wartawan kan.. Setiap orang kan pasti mata duitan. Pas lari ke sana, gw tinggal tarik dan wawancara, kelar nih."

KPI Pusat menilai percakapan tersebut terlalu sembrono dan tak layak dipertontonkan karena dapat menimbulkan ketersinggungan dalam masyarakat, khususnya profesi wartawan di Indonesia dan jenis pelanggaran yang telah dilakukan oleh Raffi Ahmad dikategorikan sebagai pelanggaran atas norma kesopanan dan penghormatan terhadap etika profesi.

Atas kasus ini, program Happy Show Trans TV mendapat teguran tertulis oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat. Teguran ini juga dapat dilihat di situs resmi KPI yang intinya KPI menemukan pelanggaran Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS) pada Happy Show.

Keputusan sanksi yang diturunkan terhadap program Happy Show tidak dibatalkan meskipun Raffi Ahmad telah secara langsung meminta maaf melalui media sosial, wawancara serta mendatangi kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat.

"Komisi Penyiaran Indonesia Pusat (KPI Pusat), berdasarkan kewenangan menurut Undang-Undang No. 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran (UU Penyiaran), pengaduan masyarakat, pemantauan, dan hasil analisis, telah menemukan pelanggaran Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS) KPI Tahun 2012 pada Program Siaran 'Happy Show' yang ditayangkan oleh stasiun TRANS TV pada tanggal 01 November 2015 pukul 21.19 WIB," tulis isi teguran KPI.

Referensi :
  1. https://www.swadeka.com/kpi-jatuhkan-sanksi-acara-happy-show-gara-gara-ucapan-raffi-ahmad/9311/
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini