Ini Beda Bayaran Rossi vs Lorenzo di MotoGP

Foto Rossi

Jorge Lorenzo akhirnya membuktikan performanya saat balap MotoGP pada 8 Nopember 2015. Ia mendapatkan gelar juara dunia untuk yang ketiga kalinya.

Sayangnya, kejuaraan yang diraih pembalap Yamaha Movistar ini penuh dengan berbagai kontroversi, salah satunya adalah adanya dugaan kongkalikong dengan pembalap Repsol Honda, Marc Marquez.

Sepanjang lap, Lorenzo nampak dikawal Marquez tanpa bertindak agresif merebut posisi pertama dari tangan kolega senegaranya dan merelakan dirinya hanya menempati posisi ke 2, kemudian disusul Dani Pedrosa dan posisi ke 4 diraih Valentino Rossi.

Dibalik pro kontra Rossi dengan Lorenzo, dalam soal kontrak bayaran rupanya mereka masih kalah dari Rossi versi Forbes.

Seperti dilansir merdeka, pembalap berjuluk The Doctor telah menikmati bayaran sebesar USD 35 juta atau Rp 477 miliar pada 2007 lalu. Angka tersebut merupakan penghasilan yang diperolehnya tak hanya dari nilai kontrak dengan Yamaha, tapi juga sponsorship lainnya. Untuk tahun ini, Yamaha membayar jasanya sebesar USD 12 juta atau senilai dengan Rp 163 miliar. Angka tersebut belum termasuk USD 10 juta (Rp 136 miliar) dalam kontrak iklannya.

Sementara itu, Jorge Lorenzo mendapat bayaran sebesar USD 7,2 juta atau Rp 98,3 miliar pada 2014. Sebagai pembalap kelas dunia, dia juga mendapatkan kontrak sponsorship senilai USD 2 juta (Rp 27,3 miliar) per tahun.

Sedangkan Dani Pedrosa menempati posisi ketiga sebagai pembalap dengan bayaran tertinggi. Dalam setahun, dia mendapatkan upah sebanyak USD 4 juta (Rp 54,612 miliar), dan jumlahnya diperkirakan mencapai USD 8 juta (Rp 109,224 miliar).

Tak ketinggalan pembalap muda berbakat, Marc Marquez yang juga rekan satu tim dengan Dani Pedrosa menyamai upah yang diterima Nicky Hayden, yakni sebesar USD 4 juta (Rp 54,612 miliar).

Referensi :
  1. http://www.merdeka.com/olahraga/ini-beda-nilai-kontrak-bayaran-rossi-vs-lorenzo-di-motogp.html
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini