TIPS: Pertolongan Pertama Ketika Disengat Lebah/ Tawon

Pertolongan Pertama Ketika Disengat Lebah
Lebah Lokal Sulawesi (Apis nigrocincta)

Apa Itu Lebah

Lebah merupakan sekelompok besar serangga yang dikenal karena hidupnya berkelompok meskipun sebenarnya tidak semua lebah bersifat demikian. Dikepulauan tanah jawa, lebah memiliki nama lain, yaitu tawon. Uniknya, sekitar 20.000 spesies lebah telah tersebar di penjuru belahan dunia, kecuali Antartika.

Dibalik ganasnya sengatan lebah yang begitu berbahaya akibat racun yang masuk kedalam sel tubuh, ternyata ada manfaat yang dapat kita petik dari silebah.

Berikut Manfaat Lebah Bagi Kehidupan

Lebah sebagai mahluk ciptaan Tuhan sebagai pelengkap, dimana tugas lebah salah satunya adalah sebagai penyerbuk tumbuhan/ tanaman. Bahkan, dalam penyerbukan buatan tanaman tertentu, lebah dipelihara dalam kurungan berisi tumbuhan yang akan disilangkan.

Selain sebagai penyerbuk handal, lebah juga terkenal akan kualitas madu yang dihasilkan. Tak sedikit orang yang mengkonsumsi madu lebah sebagai obat, pelengkap makanan, maupun perawatan kulit secara herbal/ alami.

Bahaya Sengatan Lebah Bagi Manusia

Meskipun ukurannya yang terbilang kecil, namun lebah memiliki sifat berkelompok. Apabila salah satu lebah sedang terancam, biasanya lebah lain yang melihatnya akan membantu dengan memanggil beberapa lebah lain. Salah satu cara alternatif agar terhidar dari sengatan lebah adalah dengan berbaring ditanah.

Beberapa jenis lebah memiliki kualitas sengatan yang bisa saja bersifat fatal, bahkan bisa berujung kematian. Hal ini dikarenakan sengat kantong kelenjarnya akan terlepas dan tertancap pada sasaran. Anehnya, sengat ini justru banyak dimanfaatkan manusia dalam pengobatan serupa akupunktur yang dinamakan terapi lebah (apitherapy).

Pertolongan Pertama Ketika Disengat Lebah

Jenis-jenis Lebah di Indonesia

  • Lebah hutan (Apis dorsata)
  • Jenis lebah ini belum dapat dibudidayakan, umumnya hidup secara alami di hutan Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan kepulauan Nusa Tenggara.
  • Lebah Lokal (Apis cerana)
  • Lebah Kerdil (Apis florea)
  • Lebah Kecil (Apis andreniformis )
  • Lebah Merah (Apis koschevnikovi)
  • Lebah Gunung (Apis nuluensis)
  • Lebah Lokal Sulawesi (Apis nigrocincta)
  • Lebah Tanpa Sengat (Trigona spp)

Akan tetapi, apapun jenis lebahnya, tips berikut sebagai langkah pertama untuk menghindari kondisi terparah akibat sengatan lebah.
  1. Pada saat lebah madu menyengat, biasanya sengat lebah masih menancap pada kulit. Cabut sengat secara hati-hati menggunakan kuku atau alat pencabut bulu ketiak. Jangan dipencet karena dapat menyebabkan racun bertambah masuk.
  2. Cucilah daerah yang tersengat dengan air sabun dan dibilas dengan air bersih.
  3. Kompres dengan air es untuk mengurangi penyerapan dan penyebaran racun.
  4. Oleskan krim atau lotion seperti kalamin, pasta baking soda ditambah sedikit air untuk mengurangi rasa tak nyaman.
Bagaimana, mudah bukan tipsnya, semoga bermanfaat.

Referensi :
  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Lebah
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini