Unggah Foto Meme Lucu Polisi, Warga Ponorogo Ditangkap

Bripda Aris Kurniawan, polisi Ponorogo yang wajahnya digunakan untuk meme saat sedang bertugas
Foto asli Bripda Aris Kurniawan saat sedang bertugas

Seorang warga Ponorogo, Jawa Timur berinisial ISW (24) ditangkap dan dijadikan sebagai tersangka atas perbuatannya yang dianggap telah menghina dan mencemarkan nama baik polisi.

Seperti dilansir tribunnews, Kepala Bidang Humas Polda Jawa Timur Komisaris Besar Argo Prabowo mengatakan, perempuan berinisial ISW (24) itu adalah seorang karyawan bank di Ponorogo.

Awalnya, Bripda Aris Kurniawan mengetahui foto tersebut atas laporan anggota Satuan Lalu Lintas (Lantas) Polres Ponorogo. Karena tidak terima fotonya dijadikan meme pada halaman facebook milik ISW, Aris melaporkan hal itu ke Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK) Polres Ponorogo.

"Kronologisnya, anggota Lantas itu sedang bertugas, kemudian fotonya didownload dan diedit dengan tambahan beberapa tulisan yang seakan-akan menuduh melakukan sesuatu yang negatif." ujar Argo kepada Kompas.com, Kamis (5/11/2015).

Dalam foto tersebut, tersangka menambah beberapa tulisan yang dimasukkan kedalam kotak-kotak seolah Aris sedang menelfon istrinya dan mengatakan bahwa uang hasil tilang sudah ditransfer ke rek istrinya. Pada wajah, pelaku juga menambahkan animasi kaca mata warna pink.

Baca Juga : Foto-foto Meme Lucu Polisi ini Bisa Bikin Kamu Ngakak

"Yang bersangkutan tidak ditahan. Setelah diperiksa, langsung dipulangkan," ujar Argo.

Atas pelanggaran ini, ISW dijerat dengan Pasal 32 ayat 1 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Pasal tersebut berisi larangan bagi setiap orang dengan sengaja atau tanpa hak atau melawan hukum dengan cara apa pun mengubah, menambah, mengurangi, melakukan transmisi, merusak, menghilangkan, memindahkan, menyembunyikan suatu informasi elektronik dan atau dokumen elektronik milik orang lain atau milik publik.

Dengan pasal itu, tersangka terancam hukuman pidana penjara paling lama 8 tahun dan atau denda Rp 2 miliar.

Referensi :
  1. http://nasional.kompas.com/read/2015/11/05/18541781/Unggah.Meme.yang.Hina.Polisi.Warga.Ponorogo.Ditangkap.dan.Jadi.Tersangka
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini