Adsense Sudah Approve Tapi Tidak Layak di Site Management

Dalam rangka trik mendapatkan approval sudah bukan rahasia lagi untuk pengguna blogspot/blogger. Salah satu langkah cepatnya adalah dengan langsung mendaftar lewat blogger.

Akan tetapi baru-baru ini sepertinya Google memperbarui alatnya dan saya menemukan sesuatu yang berbeda ketika dilihat di akun blogger dengan di Pengelolaan Situs Adsense.


Hasil tangkapan di dashboard blogger

Saat ini saya sedang mencoba bangun 3 situs bersamaan dan ada 2 situs yang berhasil di approve google. Akan tetapi beberapa hari kemudian saat membuka akun adsense, saya mendapat notifikasi agar mengecek apakah settingan pada site managemen sudah tepat atau belum karena google telah memperbarui alatnya.

Hasilnya seperti ini

Hasil tangkapan di Site Managemen

Secara pasti saya tidak tahu mengapa bisa seperti ini, padahal untuk jumlah tayangan sudah memumpuni. Akan tetapi seperti dikatakan google pada halaman Pemeriksaan kelayakan situs untuk Konten yang sesuai bisa saya gambarkan seperti ini:

Konten yang sesuai adalah alat rekomendasi gratis yang menawarkan cara mudah untuk mempromosikan artikel Anda kepada pengunjung situs Anda.

Dengan memudahkan pembaca menemukan konten yang menarik minat mereka, Anda dapat meningkatkan tampilan laman situs, waktu yang dihabiskan di situs, loyalitas pembaca, tayangan iklan, dan pada akhirnya pendapatan iklan Anda.

Dengan unit Konten yang sesuai, Anda memilih laman yang diinginkan untuk menampilkan rekomendasi, lalu AdSense akan mempromosikan artikel di situs Anda yang paling relevan bagi pembaca laman tersebut. Rekomendasi Konten yang sesuai didasarkan pada kesamaan topik dan disesuaikan untuk pembaca.

Beberapa hal penting yang harus diketahui tentang unit Konten yang sesuai:

  • Unit Konten yang sesuai menghadirkan konten yang relevan kepada pengguna situs, yang membantu meningkatkan tampilan laman dan waktu yang dihabiskan di situs.
  • Anda dapat menempatkan unit Konten yang sesuai di laman mana pun pada situs Anda yang memenuhi syarat.
  • Unit tersebut tidak diperhitungkan dalam batas iklan konten Google per laman.
  • Rekomendasi bersifat internal, misalnya, apabila Anda memiliki dua situs abc.com dan xyz.com, maka rekomendasi yang Google buat untuk setiap situs akan bersifat internal bagi situs tersebut. Perhatikan bahwa Google hanya membuat rekomendasi dari laman yang memiliki iklan Google atau unit Konten yang sesuai.
  • Unit tersebut berfungsi pada ponsel, tablet, dan desktop.
  • Unit tersebut tidak layak digunakan dalam eksperimen.

Kelayakan dalam menggunakan Konten yang sesuai

Fitur Konten yang sesuai tidak tersedia untuk semua penayang. Agar memenuhi syarat, Anda harus memiliki situs yang memenuhi persyaratan minimum untuk volume lalu lintas dan jumlah laman yang unik.

Google memberlakukan persyaratan ini untuk memastikan bahwa Konten yang sesuai memberikan pengalaman yang baik bagi Anda dan pengunjung situs Anda. Setelah situs disetujui, Anda akan memiliki akses ke fitur Konten yang sesuai di akun AdSense Anda.

Bagi Anda yang memiliki masalah yang sama, mengkin perlu meninggalkan argumen pada komentar. Terimakasih..

Update (27 April 2016)

Jenis Iklan Konten Yang Sesuai adalah iklan tambahan. Slot iklan ini tidak dihitung dalam jumlah batas iklan per laman. Misalnya Anda sudah menempatkan 3 iklan per laman, kemudian menambahkan iklan konten yang sesuai, maka ini masih diperbolehkan.

Iklan tersebut juga bukan iklan yang ditawarkan oleh pengiklan/ advertiser, melainkan hanya akan menampilkan posting-posting dari website Anda sendiri. Sepertinya setiap klik yang dihasilkan juga tidak mendatangkan dollar. Fungsi utama jenis iklan ini sangat mirip dengan widget related post. Hanya saja bedanya ini lebih praktis soal penempatannya.

Lagi pula, menurut saya masih ada nilai plus yang bisa kita dapatkan jika memanfaatkan iklan ini. Yakni backlink. Tapi saya tidak dapat menjamin sih, ini hanya filling setelah melihat URL yang dihasilkan.

Karena, meskipun iklan tersebut semuanya mengarah ke website milik kita sendiri, tapi URL-nya dari https://googleads.g.doubleclick.net URL redirect ini sama halnya dengan iklan tautan seperti biasanya, jadi mungkin saja ada dampak positifnya bagi pemilik blog.

Kelebihan lainnya dibandingkan widget related post untuk blogger adalah: Apabila widget related post biasanya hanya menampilkan artikel terkait yang hanya dari label yang sama. Namun untuk iklan konten yang sesuai akan menampilkan beberapa Link+gambar atau thumbnail berdasarkan minat pengunjung. Misalnya pengunjung baru-baru ini mencari informasi seputar bahaya merokok, maka jika salah satu halaman posting Anda terdapat konten yang mengulas rokok akan terpampang disana, jadi bukan hanya menurut labelnya saja.

Iklan konten yang sesuai juga akan menampilkan saran link dari beberapa posting Anda yang diterbitkan ke laman, jadi bukan hanya dari halaman posting saja, misalnya www.kangsigit.com/p/sitemap.html

Untuk syarat-syarat menggunakan iklan konten yang sesuai (Adsense Matched content) adalah: website Anda harus memiliki jumlah posting yang banyak. Selain itu, blog Anda juga harus mendapat pengunjung unik yang mencukupi. Pengunjung unik bisa didapat dari pengunjung yang datang dari mesin pencarian. Jika mereka datang dari media sosial, maka itu dikatakan sebagai pengunjung referal. Jika mereka berualng kali membuka halaman posting Anda, maka itu dikatakan sebagai pengunjung loyal.

Untuk ukuran atau standar minimum pengunjung unik, saya kurang tahu. Tapi setidaknya, blog saya rata-rata sehari mendatangkan pengunjung sebanyak lebih dari 15ribu (total/ bukan unik) sudah bisa memasang iklan konten yang sesuai.

Nah itulah penjelasan tambahan dari saya, semoga dapat mencerahkan Anda ya..
URL

2 Tanggapan » Lihat

artikelnya sangat bermanfaat. langsung ane praktekin

Iya sob, saya sekarang juga sudah memasangnya di blog ini :)

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini